Lansia di Kota Batu Jalani Vaksinasi Dosis Pertama, 2 Dinyatakan Tak Lolos

Apr 12, 2021 13:41
Para lansia melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Puskesmas Batu, Senin (12/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Para lansia melakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Puskesmas Batu, Senin (12/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES- Para lansia lakukan vaksinasi Covid-19 dosis pertama di Puskesmas Batu, Senin (12/4/2021). Vaksinasi diikuti dengan memenuhi protokol kesehatan. Seluruh lansia yang terdata pun mengantre untuk kemudian mendapatkan suntikan di bagian lengannya.

Kepala Puskesmas Batu, dr Kartini Kristalina mengatakan, pihaknya memfokuskan vaksinasi terhadap lansia yang berada di dua wilayah. Yakni, Desa Oro-oro Ombo dan Kelurahan Ngaglik.

"Untuk jumlah yang terdata, Kelurahan Ngaglik ada 75 orang. Sedangkan, Desa Oro-oro Ombo ada 17 orang. Tapi tidak menutup kemungkinan, jika ada yang menyusul datang di luar jatah data yang ada," ujarnya.

Pihaknya mendapatkan jatah 36 vial. Di mana 1 vialnya dipergunakan untuk 10 orang. Diperkirakan total sebanyak 177 hingga 180 orang yang melakukan vaksinasi.

"Kemudian, dilanjut vaksinansi lansia lagi pada pukul 13.00 WIB, sebanyak 85 orang. Yang mencakup 5 wilayah. Yakni Ngaglik, Oro-oro Ombo, Pesanggrahan, Sumberejo, dan Songgokerto," ujarnya.

Dari total data itu, para lansia sebelumnya melalui tahap scraning. Apabila ditemukan tidak memenuhi persyaratan scraning dan kesehatan, maka akan ditunda.

Lanjutnya, pihaknya menemukan 2 orang yang tertunda vaksinasinya karena tidak lolos screning. "Jadi ya ditunda untuk distabilkan kondisinya. Dengan kententuan, tensinya harus dibawah 180/110. Kemudian yang memiliki riwayat penyakit seperti diabet dan lainnya, ketika memang belum terkontrol stabil, kita sarankan untuk berobat dulu. Jika sudah stabil, kita lakukan vaksinasi," jelasnya.

Salah satu lansia bernama Sri Sukamti (60) mengaku baru melakukan vaksinasi dosis pertama di Puskesmas Batu. "Hari Sabtu, kemarin, saya dapat informasi dari RW untuk lakukan vaksin lansia. Jadi ini saya vaksinasi dosis pertama. Untungnya, tensi saya normal dan tidak memiliki riwayat penyakit. Untuk reaksinya sih belum terasa," ujarnya.

Topik
Vaksinasipencurian kosmetikKota BatuCovid 19

Berita Lainnya

Berita

Terbaru