Puasa Hari Pertama, Ini Menu yang Cocok Temani Sahur Anak Kos!

Apr 12, 2021 12:44
ilustrasi (gambar:source pixabay)
ilustrasi (gambar:source pixabay)

MALANGTIMES - Ramadan sebentar lagi! Ya, tidak terasa ibadah puasa ramadan 2021 ini sudah diujung mata. Walaupun masih dalam masa duka karena pandemi dan bencana alam yang terjadi, tetapi tetap saja bulan ramadan adalah bulan yang penuh suka cita.

Tentu saja banyak juga yang harus kita siapkan menjelang bulan ramadan kali ini, mulai dari kondisi kesehatan sampai dengan ibadah kita. Sangat beruntung bagi saudara yang masih bisa menjalani ibadah puasa bersama keluarga di kampung halaman. Tetapi bagaimana dengan nasib anak kos?

Anak kos cenderung identik dengan kata simpel dan praktis, terutama soal makanan. Karena peralatan memasak yang seadanya, anak kos juga biasanya memasak makanan yang simple dan seadanya. Waktu sahur yang sedikit juga membuat siapapun ingin menyiapkannya dengan praktis dan tidak ribet, begitu pula dengan anak kost.

Bagi kalian yang sedang merantau di kampung orang dan terpaksa menjalani puasa tahun ini sendirian di kos, tenang saja, tidak perlu bingung mengenai menu sahur, ini rekomendasi menu sahur yang cocok banget buat anak kos!

1. Abon

Abon dicampur dengan nasi hangat, surga dunia. Yap, abon merupakan menu simple bagi anak kos. Abon dapat didapatkan di setiap minimarket yang ada. Selain mudah didapatkan, abon juga dapat bertahan dalam waktu yang lama, asalkan kita menutup kemasan dengan rapat.

Jika bosan dengan abon sapi tenang saja, selain abon sapi juga ada varian abon yang lainnnya yaitu abon ayam dan juga abon ikan. Penyajian abon juga cukup praktis, kamu hanya cukup menyediakan nasi dan ditaburi dengan abon sebanyak yang kamu suka, tidak perlu waktu yang lama untuk menyantap menu sahur yang satu ini.

2. Ikan sarden

Tidak punya peralatan memasak yang memadai? Tenang kamu hanya perlu menggunakan rice cooker untuk dapat menyantap hidangan ini.  Kamu tinggal memasak nasi dan jika sudah masak, masukan sarden bersama dengan kalengnya kedalam rice cooker dan tadaa kamu sudah bisa menikmati sarden dengan nasi hangat.

Sarden juga sangat mudah dicari dan didapatkan. Hampir setiap pasar swalayan menjual sarden. Selain simple, kandungan yang ada didalam sarden juga sangat berkhasiat bagi tubuh terutama mahasiswa yang masih dalam masa pertumbuhan.

3. Sosis dan nugget

Sosis dan nugget menjadi rekomendasi  juga buat anak kost. Tidak perlu ribet hanya perlu wajan dan minyak goreng, sosis dan nugget siap untuk menemani sahurmu. Cocok banget buat anak kos yang mager masak.

Sama seperti abon dan sarden, sosis dan nugget juga banyak dijual di mini market. Tetapi jika ingin makan sosis dan nugget untuk beberapa hari tentu saja harus memiliki lemari es karena sosis dan nugget lebih tahan lama jika dimasukan kedalam lemari es.

4. Telur dadar/telur rebus

Nikmatnya telur dadar maupun telur rebus juga bisa menemani sahur bagi anak kos yang tidak ingin ribet. Penyajian olahan telur juga sangat simple dan praktis. Telur juga cocok sekali dengan nasi hangat apalagi ditambah kecap.

Jika bosan dengan telur dadar maupun rebus, kalian juga bisa mengolahnya menjadi olahan yang lain seperti telur ceplok, scrambled egg, maupun omelet. Selain simple, varian olahan dari telur juga banyak sehingga membuat sahurmu lebih bervariasi.

5. Nasi goreng

Bosan makan nasi putih saat sahur? Nasi goreng lah solusinya. Makanan simple nan praktis tetapi juga mewah ini sangat cocok bagi anak kos. Cukup dengan mengolah nasi putih yang ada dengan lauk yang ada,  anak kost sudah bisa menikmati nasi goreng. Terlebih lagi sekarang semakin banyak bumbu praktis untuk nasi goreng. Dan jika benar-benar terlalu mager untuk masak, banyak penjual nasi goreng yang buka sampai tengah malam dan bisa dibeli untuk dinikmati saat sahur.

6. Mie instant

Mie instant dan mahasiswa, dua kata yang amat sangat identik. Mie instan kerap menjadi makanan yang paling digemari dan paling banyak disantap oleh mahasiswa terutama pada saat tanggal tua. Mie instant juga sangat praktis dan tidak perlu waktu yang banyak untuk menyajikannya. Mie instan juga dapat ditemukan dimana saja baik warung kecil maupun mini market. Selain itu mie instan juga harganya terjangkau dan cocok buat anak kos yang sedang berhemat.

7. Roti gandum

Selain mengenyangkan, ternyata roti gandum juga sangat baik bagi tubuh karena mengandung banyak serat. Selain itu penyajian roti gandum ini juga amat sangat praktis, tinggal mengolesinya dengan selai agar rasanya tidak terlalu hambar dan roti siap disantap. Bagi anak kos yang tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli selai, tenang saja diberi mentega dan gula roti gandum masih terasa enak kok!

Topik
puasa Ramadanmakanan praktisAnak Kossahur dan berbukapara lansia
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru