Tingkatkan Kekhusyukan Puasa Ramadan, Lapas Kelas I Malang Bakal Gelar Agenda Rutin

Apr 12, 2021 12:16
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Lowokwaru Malang R.B Danang Yudiawan saat ditemui awak media di Jagongan Jail Cafe, Jumat (9/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)
Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Lowokwaru Malang R.B Danang Yudiawan saat ditemui awak media di Jagongan Jail Cafe, Jumat (9/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dalam rangka menyambut Bulan Suci Ramadan 1442 Hijriah dan untuk meningkatkan kekhusyukan dalam menjalankan ibadah puasa bagi WBP (Warga Binaan Pemasyarakatan), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Lowokwaru Malang menggelar beberapa kegiatan. 

Kepala Lapas Kelas I Lowokwaru Malang R.B Danang Yudiawan mengatakan, bahwa beberapa kebijakan baru yang akan diterapkan terkait penyiapan sarana prasarana pendukung dalam pelaksanaan puasa. 

"Kita menggelar kesiapan semuanya baik secara penyiapan tentang sarana prasarana, maupun secara teknik penyajian maupun pengamanan dan emergency. Sehingga pada hari H sampai dengan saatnya (Hari Lebaran, red) semua lancar," ungkapnya kepada MalangTIMES.com, Senin (12/4/2021). 

Lanjut Danang bahwa pihaknya juga sejak beberapa hari yang lalu sudah mulai melakukan pendataan terkait jumlah total WBP yang menjalankan ibadah puasa Ramadan dan yang tidak menjalankan ibadah puasa Ramadan.

"Mulai bagaimana teknik penyajian makanan sahurnya, jam berapa kita mulai masak, jam berapa kita bagikan, kita cek kembali alat makannya. Sampai bagaimana nanti kita menjelang buka puasa dan titipannya itu dari segi makanannya," ujarnya. 

Dikatakan Danang bahwa selama Bulan Suci Ramadan, juga akan ada extra fooding bagi para WBP didalam Lapas Kelas I Lowokwaru Malang yang disajikan selama Bulan Suci Ramadan.

"Sehingga teman-teman saat buka puasa ya seperti teman yang lain, dapat ketemu kolak, ketemu es buah, kira-kira begitulah. Tapi sesuai dengan jadwalnya," katanya. 

Danang menuturkan, bahwa petugas Lapas Kelas I Lowokwaru Malang juga melakukan pengecekan kembali pada sarana ibadah, serta juga akan menambah kegiatan-kegiatan keagamaan seperti tadarus dan ceramah agama. 

"Selama Bulan Suci Ramadan kegiatan yang sifatnya tambahan ya tentunya secara normatif tadarusan. Kemudian ceramah melalui relay yang saya sampaikan diputarnya rekaman tokoh KH. Zainuddin MZ setiap sore sampai menjelang puasa. Diputar selama satu bulan penuh dipancarkan di beberapa titik," terangnya. 

Selain itu, juga terdapat beberapa lomba-lomba untuk menyemarakkan peringatan Bulan Suci Ramadan selama menjalani puasa. "Kita juga ada lomba adzan. Kemudian juga ada lomba khutbah. Lomba dakwah. Itu sedang kita kerjakan, bersama serentak itu didalam Lapas," katanya.

Sementara itu, dengan adanya kegiatan-kegiatan dalam rangka menyemarakkan Bulan Suci Ramadan, Danang berharap dapat meningkatkan kualitas religiusitas para WBP yang berada didalam Lapas Kelas I Lowokwaru Malang. 

"Ini bagian dari bina religius tetapi dengan cara lain. Jadi ceramah ada yang live dan juga ada yang melalui memori. Paling tidak dengan diputarnya itu menjelang buka puasa, teman-teman semakin khusyuk ya menyiapkan dirinya selama Bulan Puasa. Kalau ini baik akan kita lanjutkan," pungkasnya.

Topik
ibadah puasaLapas Kelas 1 LowokwaruWarga binaan LapasKota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru