Mensos Risma akan Merelokasi Rumah Warga Terdampak Gempa Malang karena Dinilai Rawan

Apr 12, 2021 09:26
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Dok Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Dok Kemensos)

MALANGTIMES - Menteri Sosial Tri Rismaharini atau Risma mengambil langkah sigap dalam membantu korban gempa Malang yang terjadi pada Sabtu (10/4/2021). Setelah mengunjungi para korban gempa secara langsung, kini Risma berencana merelokasi sejumlah rumah warga yang rusak karena terdampak gempa.

Risma akan memindahkan mereka ke tempat yang lebih aman karena ia menilai jika rumah warga saat ini berada di titik rawan bencana. "Lokasinya tidak memungkinkan. Kami tadi melihat rumah warga di lereng itu mengkhawatirkan," ujar Risma.  

Bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Risma sepakat akan mencari lokasi lain untuk pembangunan rumah warga tersebut. Lebih lanjut, ia mengatakan jika rumah kembali dibangun di tempat sama, dikhawatirkan bangunan akan kembali rusak suatu saat nanti.  

Sebagai informasi, relokasi dan perbaikan rumah itu nantinya akan digarap oleh PUPR. Pembangunan rumah nantinya juga akan disesuaikan dengan bangunan standar gempa.  

Kendati demikian, Risma masih belum bisa memastikan berapa jumlah rumah warga yang terdampak gempa. "Di Lumajang 428 unit rumah masuk kategori bahaya. Di Malang masih kami hitung," paparnya.

Saat kunjungan Risma juga telah mendistribusikan bantuan logistik dan meminta warga untuk mengungsi sementara di tempat yang sudah disiapkan.

Topik
Gempa MalangTri RismahariniMuhadjir Effendy

Berita Lainnya

Berita

Terbaru