Bersama Forkopimda, Wali Kota Malang Ajak Kolaborasi Mahasiswa Papua

Apr 11, 2021 20:16
Forkopimda Kota Malang yang berkolaborasi dengan mahasiswa Papua (Foto: Humas Pemkot)
Forkopimda Kota Malang yang berkolaborasi dengan mahasiswa Papua (Foto: Humas Pemkot)

MALANGTIMES - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Malang terus menjalin sinergitas dengan mahasiswa Papua yang menempuh studi di Kota Malang. 

Upaya itu dilakukan dengan mengunjungi langsung asrama kost paguyuban mahasiswa Teluk Wondama Papua Barat di kawasan Bajang Ratu, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Minggu (11/4/2021).

Dalam kunjungannya ke asrama mahasiswa Papua itu, Wali Kota Malang Sutiaji yang didampingi oleh Kapolresta Malang Kota Kombespol Leonardus Simarmata, Dandim 0833 Kota Malang Letkol Arm Ferdian Primadona dan Ketua DPRD Kota Malang I Made Rian Kartika.

Di sana, berbaur dengan para mahasiswa Papua, Sutiaji memberikan wejangan khusus kepada para mahasiswa. Pihaknya menekankan, agar para mahasiswa tak merasa merantau dan menganggap jika Kota Malang merupakan rumah sendiri.

Karenanya, dengan meyakini dan menanamkan dalam diri jika Kota Malang seperti halnya kampung halaman, maka pihaknya juga meminta untuk para mahasiswa berpartisipasi menjaga Kota Malang.

"Karena ini (Kota Malang) rumah kalian juga, maka harus ditanamkan rasa memiliki, rasa mencintai dan tentu harus ikut aktif menjaganya, "tegas Sutiaji.

Sutiaji juga merespon positif atas kesediaan mahasiswa Papua untuk membuka diri dan berkomunikasi aktif dengan Pemerintah Daerah. Pihaknya juga menyampaikan akan melibatkan para mahasiswa Papua dalam kegiatan-kegiatan di Kota Malang.

"Kita akan ajak adik-adik dalam kegiatan di Kota Malang, dan itu sudah saya utarakan kepada Pengurus Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Kota Malang," terangnya.

Sementara itu, Eki Kurube selaku pengurus Paguyuban Teluk Wondama Papua Barat menyatakan komitmennya untuk turut berpartisipasi dalam menjaga keamanan dan ketertiban Kota Malang.  

Eki juga menyampaikan, jika dengan keragaman suku dan masyarakat di Papua juga berbeda-beda. Sehingga dengan perbedaan tersebut, tak menutup kemungkinan terdapat perbedaan antar masyarakat.

"Mohon dimaklumi pula bahwa ragam dan suku masyarakat Papua juga berbeda beda. Sehingga tidak menutup kemungkinan ada perbedaan," jelasnya.

Kendati demikian, ditegaskan Eki, jika dirinya senantiasa untuk selalu mengimbau kepada teman-teman Papua yang berada di Kota Malang untuk meniatkan diri menempuh pendidikan dan menjunjung tinggi persatuan.

"Kami tanamkan kepada adik-adik untuk menyadari bahwa ke Kota Malang tujuannya mencari ilmu. Karenanya kami tetap perlu edukasi dan terus diajak komunikasi," pungkas pria ramah yang sedang menempuh pendidikan S2 di kota Malang tersebut.

Saat mengunjungi asrama kost paguyuban mahasiswa Teluk Wondama Papua Barat di kawasan Bajang Ratu, Lowokwaru, Malang, Forkopimda Kota Malang mendapatkan sambutan yang begitu baik dan ramah dari para mahasiswa Papua.

Di sana, Forkompinda disambut oleh para mahasiswa Papua dengan mengenakan pakaian adat Papua. Forkopimda juga mendapatkan kehormatan dengan dipakaikan topi khas Papua. Dalam pertemuan tersebut, juga disertai pemotongan tumpeng dan juga penyerahan bantuan kepada para mahasiswa.

 

 

 

Topik
Wali Kota MalangMahasiswa Papua

Berita Lainnya

Berita

Terbaru