Lihat Kondisi Patung Gorila Jatim Park 2, Dewanti Pastikan Aman

Apr 11, 2021 17:13
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (tengah) berkunjung dan melihat kondisi patung gorila yang roboh di JTP 2, Kota Batu, Minggu (11/4/2021). (Foto istimewa)
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko (tengah) berkunjung dan melihat kondisi patung gorila yang roboh di JTP 2, Kota Batu, Minggu (11/4/2021). (Foto istimewa)

BATUTIMES - Akibat guncangan gempa berkekuatan 6,7 SR Sabtu kemarin, bagian kepala patung ikon gorila di Secret Zoo, Jatim Park 2, Kota Batu, ambruk.  Kejadian itu  membuat Wali Kota Batu Dewanti  Rumpoko  berkunjung dan melihat kondisi patung tersebut, Minggu (11/4/2021).

Dewanti memastikan patung yang masih berdiri aman. Namun, dia berharap tidak ada lagi kejadian gempa.

"Syukurnya ketika itu terjadi, tidak ada yang main di sekelilingnya. Jadi, ketika jatuh tepat di kondisi kosong dan  saat itu hujan. Kejadian yang paling parah hanya di sini (Jatim Park 2). Lainnya hanya kejadian ringan seperti plafon ambrol, genteng mlorot sedikit saja. Sekolah juga begitu," ujarnya.

Dewanti juga mengimbau kepada masyarakat agar tetap wasapada dan siaga menghadapi bencana alam seperti gempa. "Yang namanya gempa tidak bisa diprediksi. Kalau hujan, bisa. Jadi harus waspada. Sebaiknya masyarakat keluar rumah atau bangunan. BPBD Kota Batu juga sudah melakukan edukasi tanggap bencana," ungkapnya.

Pemkot Batu juga telah memberikan bantuan kepada masyarakat  yang terdampak akibat gempa yang berpusat di laut Malang Selatan itu. "Kami juga telah memberikan bantuan terhadap bangunan-bangunan yang terdampak, seperti sekolah dan perkantoran," kata Dewanti.

Sementara, General Manager Jatim Park 2 Agus Mulyanto mengatakan, patung ikon gorila  sudah berdiri sejak 10 tahun lalu dan memang sebelumnya direncanakan akan direnovasi.

"Sebelum kejadian ini, memang kami berencana untuk renovasi. Namun sudah terjadi kejadian seperti ini. Nantinya kami renovasi. Apakah patung ikon ini tetap gorila atau diubah," ucapnya. "Total kerugian ya sekitar Rp 35 juta," imbuhnya.

BPBD Kota Batu juga menyebutkan, ada 9 titik yang mengalami kerusakan. Hal itu dikatakan oleh Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu.

"Sembilan titik itu berada di Kecamatan Batu dan Kecamatan Junrejo. Di antaranya, bangunan terdampak 2 hunian rumah, 4 gedung sekolah, bengkel, gedung DPRD, dan destinasi wisata Jatim 2," ucapnya.

Kebanyakan kerusakan terjadi pada bagian atap bangunan. Antara lain  gedung DPRD, SMA Negeri 1 Batu, SMP PGRI 01 Kota Batu, dan SDN Tlekung 1. Kemudian kerusakan lainnya seperti tiang penyangga tandon di MAN 3 Kota Batu roboh.

Topik
Jatim Park 2Wali Kota BatuBanyuwangi Halal FestivalGempa Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru