Kemah Sehat saat Pandemi, Dewan Acungi Jempol Kwarcab Kota Malang

Apr 11, 2021 13:36
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang, H Rokhmad SSos (Ist)
Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang, H Rokhmad SSos (Ist)

MALANGTIMES - Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Malang menggelar Perkemahan Sehat Era Pandemi (PERSEMI), 10 -11 April 2021 di Bumi Perkemahan Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Witaraga kota Malang. Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari wakil rakyat yang duduk di kursi DPRD Kota Malang.

Apresiasi terhadap Pramuka Kota Malang datang dari Sekretaris Komisi D DPRD Kota Malang yang juga Wakil Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Malang, H Rokhmad SSos.

Pramuka menurutnya selalu aktif dalam membantu dan berkontribusi untuk kepentingan masyarakat. Setiap dalam pengamanan oleh unsur keamanan, baik itu pada hari raya maupun besar lainnya, unsur Pramuka selalu terlibat aktif dan kreatif.

"Kegiatan Pramuka saat ini begitu aktif, kreatif dan terus bersama warga membantu mengatasi permasalahan, termasuk juga di saat masa pandemi, Pramuka juga banyak membantu," ungkapnya saat memberikan sambutan di Bumi Perkemahan Pusat Pendidikan dan Latihan Cabang (Pusdiklatcab) Witaraga Kota Malang, Minggu (11/4/2021).

Menurutnya, Pramuka juga merupakan wadah yang pas dalam membangun dan menanamkan karakter dari seorang siswa dan telah terbukti menelurkan sumberdaya manusia penerus bangsa yang berkualitas. Nilai kejujuran, kedisiplinan serta nilai sosial maupun nilai positif lainnya terbangun dalam Pramuka.

Kita yang hadir di sini dulu pernah ditempa dididik dalam pelatihan pramuka baik saat SD, SMP hingga SMA. Nilai-nilai disiplin, kejujuran, suka menolong dan saya ingat dengan nomer ke 10 dari Dasa Darma yang berbunyi suci dalam pikiran, perkataan dan berbuatan nilai-nilai sangat melekat yang merupakan pendidikan karakter," terangnya.

Melihat begitu besarnya kontribusi dari Pramuka terhadap pembentukan karakter sumber daya manusia maupun dalam kegiatan sosial, Rokhmad berharap, agar ke depannya Pramuka bisa semakin eksis dan semakin banyak membawa dampak positif bagi masyarakat.

"Para generasi muda, tentunya harus mencintai Pramuka. Karena di sinilah banyak ditemukan hal-hal positif yang membantu karakter diri yang positif. Teruslah bermanfaat untuk orang lain jaga kesehatan, selalu pakai masker  dan marhaban yaa Ramadan," tutur pria yang pernah jadi kepala SD plus Qurrotaa'yun selama 2 tahun ini.

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kota Malang kak Heri Sunarko M Si,  menjelaskan, jika dalam kegiatan PERSEMI dengan tema "Pramuka Berbakti Tiada Henti", diikuti oleh 160 peserta.

Tujuannya, menyinergikan program Kwartir Cabang kota Malang dan Kwartir ranting (kecamatan) se kota Malang dengan Pemkot Malang dan DPRD khususnya Komisi D.

Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk memperkuat komunikasi dan koordinasi serta silaturahmi Kwarcab kota Malang dan Kwarran se kota Malang. Termasuk juga persiapan lanjutan Pramuka Bhakti Ramadhan 1442 H.

"Sebenarnya ada 370 peserta, namun karena ada pembatasan kerumunan, maka hanya 160 peserta. Dalam kegiatan ini juga diwarnai dengan berbagai macam perlombaan, seperti lomba yel-yel Pramuka antar kwarran, lomba battle cooking ala Pramuka, lomba Tapak perkemahan, lomba membuat pagupon burung dara," pungkasnya.

Topik
Berita MalangRokhmadHeri Sunarko

Berita Lainnya

Berita

Terbaru