Tingkat II-IV, Getaran Gempa Pagi Terasa di 10 Wilayah

Apr 11, 2021 08:09
Gambaran lokasi pusat titik gempa (Ist)
Gambaran lokasi pusat titik gempa (Ist)

MALANGTIMES - Gempa bumi susulan kembali mengguncang wilayah Malang pagi ini, Minggu, (111/5/2021) tepatnya sekitar pukul 06.54 WIB. Tercatat dari situs Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi beberapa detik ini berkekuatan 5,5 magnitudo.

Sumber gempa diketahui dari BMKG bersumber dari  80 KM Barat Daya, Kabupaten Malang, Jawa Timur, atau pada koordinat 8.84 LS 112.41 BT di kedalam 98 KM. Namun gempa susulan yang terjadi tersebut tidak berpotensial terjadinya Tsunami.

Tak hanya diwilayah Kabupaten Malang, gempa kekuatan 5,5 Magnitudo itu juga dirasakan hingga beberapa daerah. Pada situs BMKG tercatat  getaran gempa juga dirasakan (Skala Modified Mercalli Intensity (MMI)) di 10 wilayah.

10 wilayah tersebut berbeda-beda dalam perceived shaking atau getaran yang dirasakan mulai tingkat II hingga IV. Potensial kerusakan dari situs BMKG juga tercatat none atau tak berpotensi kerusakan. 10 wilayah tersebut yakni, Kota Malang III-IV , Pacitan III, Wonogiri III, Trenggalek III, Nganjuk II-III, Ponorogo II-III, Blitar II-III, Gunung Kidul II, Bantul II, Kulonprogo II.

Sebelumnya, gempa bumi terjadi di Kabupaten Malang tersebut bermagnitudo 6,7 di 90 kilometer barat daya Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021). Gempa terjadi pada kedalaman 25 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.

Gempa tersebut juga membuat kepanikan masyarakat di berbagai lokasi, seperti halnya Pondok Pesantren, lokasi mal di Kota Malang maupun masyarakat lainnya yang berhamburan keluar banguanan menyelamatkan diri.

Salah satu pengunjung mal, yakni Joko Lesmono mengungkapkan, bahwa saat terjadinya gempa bumi tersebut, dirinya berada di lantai 3 MOG.

"Saya di lantai 3, jadi orang-orang itu pada lari karena gempa terasa 2 kali. Kacanya getar gedungnya goyang. Bahkan semua panik sampai eskalator penuh mau turun," ujarnya, Sabtu (10/4/2021).

Sementara itu, akibat gempa tersebut, berbagai lokasi di wilayah  Jawa Timur, khususnya di Kabupaten Malang, mengalami sejumlah kerusakan, bahkan hingga menimbulkan beberapa korban jiwa.

Dilaporkan dari data BPBD Jatim, gempa kemarin juga merusak sejumlah bangunan lain, antara lain 11 rumah rusak berat, 194 rumah rusak sedang, 126 rumah rusak ringan, 13 unit rumah rusak, 1 unit pesantren rusak, 11 unit sarana pendidikan rusak, 6 unit sarana ibadah rusak, 7 unit kantor pemerintahan rusak, dan 1 unit RSUD rusak.

Topik
Gempa Bumifilm minariKabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru