Gempa Malang Akibatkan Puluhan Rumah Rusak dan Warga Luka di Tulungagung

Apr 10, 2021 20:23
Salah satu rumah rusak akibat gempa di Tulungagung (Foto: Istimewa/TulungagungTIMES)
Salah satu rumah rusak akibat gempa di Tulungagung (Foto: Istimewa/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Paska gempa Malang yang berkekuatan 6,7 SR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tulungagung mencatat puluhan rumah warga di 7 kecamatan rusak.

"Kerusakan rumah warga beragam, mulai rusak ringan sampai rusak berat. Namun hingga saat ini tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Soeroto Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Tulungagung, Sabtu (10/4/2021).

Wilayah Kecamatan Kalidawir dikatakan terdampak cukup parah karena ada sekitar 10 desa yang warganya melaporkan kerusakan rumahnya. 

Soeroto menambahkan, warga di wilayah pesisir Selatan Tulungagung, sempat panik saat gempa berlangsung. "Saat ini situasi di masyarakat sudah lebih kondusif," ujarnya.

Berikut data kerusakan yang berhasil dihimpun BPBD Kabupaten Tulungagung akibat gempa bumi 6,7 SR yang mengguncang Barat Daya Kabupaten Malang.

Lokasi Terdampak

1. Kecamatan Kalidawir, terdampak di Desa Kalibatur rusak 2 rumah, Kalidawir rusak 10 rumah, Tunggangri, Rejosari masing-masing 1 rumah. Di Desa Joho rusak 1 rumah dan 1 kandang, Sukorejo Kulon rusak 2 rumah, Domasan 1 rumah dan 1 korban luka ringan, Betak rusak 1 rumah, Banyuurip rusak 1 rumah, Winong kerusakan 1 musala dan 2 rumah dan Jabon rusak 1 rumah.

2. Kecamatan Sumbegempol mengalami kerusakan di Desa Mirigambar berupa 3 rumah dan 1 korban luka ringan, dan Sambidoplang 3 rumah rusak.

3. Kecamatan Tulungagung kerusakan terjadi di Kelurahan Botoran berupa Kantor Pasar Ngemplak.

4. Kecamatan Pucanglaban kerusakan terjadi di Desa Sumberdadap berupa balai desa dan Desa Pucanglaban berupa 1 rumah.

5. Kecamatan Tanggunggunung mengalami dampak kerusakan belum diketahui.

6. Kecamatan Gondang terdampak di Desa Bendungan, dimana kerusakan menimpa balai desa. Wilayah lainnya di Desa Ngrendeng, Tiudan dan Gondang juga mengalami kerusakan balai desa.

7. Kecamatan Ngunut kerusakan terjadi di Desa Balesono 1 rumah warga.

8. Kecamatan Pakel kerusakan terjadi di Desa Gesikan berupa 2 rumah,  Gempolan 4 rumah, dan Gebang 1 rumah.

9. Kecamatan Pagerwojo di Desa Samar kerusakan pasa bangunan masjid.

10. Kecamatan Campurdarat kerusakan terjadi di Desa Wates berupa 1 ruko

11. Kecamatan Sendang kerusakan dilaporkan di Desa Krosok berupa 1 rumah.

Korban Terdampak yang dilaporkan mengalami luka atas nama Ahmad Barodin warga Dusun Banjaran, Desa  Domasan, Kecamatan Kalidawir. Korban saat ini di rujuk ke RSUD untuk di lakukan CT Scan kepalanya karena kejatuhan material rumah (usuk). 

 

Topik
Gempa MalangKorban Gempadampak gempa di tulungagunglokasi terdampak gempa di tulungagungBPBD Kabupaten Tulungagunghalal festival

Berita Lainnya

Berita

Terbaru