Ini 6 Beasiswa Kuliah S1 Paling Populer

Apr 10, 2021 19:25
Ilustrasi Study (Sumber:Pixabay)
Ilustrasi Study (Sumber:Pixabay)

INDONESIATIMES - Siapa sih yang nggak mau beasiswa? Berhasil mendapatkan beasiswa tentu menjadi harapan banyak orang. Nah, jika kamu ingin lanjut kuliah tapi terkendala dengan biaya, jangan khawatir karena ada banyak beasiswa yang bisa kamu manfaatkan untuk mewujudkan cita-citamu.

Beasiswa untuk mahasiswa S1 sendiri terdiri dari berbagai macam. Ada yang merupakan beasiswa dalam negeri, dan ada juga beasiswa luar negeri. Beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun Diploma jumlahnya sebenarnya cukup banyak, namun memang dibutuhkan usaha untuk mencarinya. 

Nah, berikut ini merupakan daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 maupun Diploma yang umumnya dibuka setiap tahun dengan jumlah kuota serta nilai beasiswa yang berbeda-beda. Berikut ini 15 beasiswa kuliah S1 paling populer yang bisa kamu ikuti. Kira-kira beasiswa apa yang kalian inginkan? Simak tautan berikut ini.  

1. Beasiswa Cargill Global Scholars (Pendaftaran Tahun 2021 sedang dibuka)

Cargill secara rutin menawarkan Program Beasiswa Cargill Global Scholars. Sebuah program beasiswa untuk mahasiswa S1 tingkat dua (semester 3-4) di Indonesia. 

Cakupan beasiswa yang diberikan meliputi bantuan dana senilai $2,500 setiap tahun, mengikuti seminar kepemimpinan dan mendapatkan bimbingan dari salah satu pemimpin Cargill. 

Pada tahun 2021, terdapat 10 perguruan tinggi yang menjadi partner Beasiswa Cargill. Pendaftaran beasiswa untuk mahasiswa S1 tahun 2021 saat ini sedang dibuka lo. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 4 Juni 2021.

2. Beasiswa BCA Finance

Beasiswa BCA Finance ditawarkan oleh pihak BCA Finance Peduli bagi mahasiswa/i di seluruh tanah air. Kelebihan dari beasiswa ini adalah terbuka bagi semua mahasiswa D4 dan S1 dari PTN maupun PTS di seluruh Indonesia. 

Apabila sedang menjalani atau telah menyelesaikan semester 2, maka beasiswa ini patut kamu coba. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dan D4 ini diberikan dalam bentuk bantuan dana perkuliahan senilai Rp 3 juta per semester. Pendaftaran biasanya telah dimulai pada bulan Mei s/d Juni setiap tahunnya.

3. Beasiswa Tokopedia

Seperti yang telah diketahui, Tokopedia merupakan perusahaan teknologi Indonesia dengan misi pemerataan ekonomi secara digital. Tokopedia juga menyediakan beasiswa bagi mahasiswa semester 5 yang berasal dari jurusan yang berkaitan dengan Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Matematika, Statistika, Teknik Komputer, Teknik Industri atau yang relevan. 

Cakupan beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa biaya perkuliahan selama 2 semester, uang buku, biaya wisuda, serta uang saku selama 1 tahun senilai Rp 3 juta per bulan.

4. Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI atau VDMS)

Program Beasiswa Van Deventer-Maas Indonesia (VDMI) rutin ditawarkan setiap tahunnya oleh Yayasan VDMI bagi mahasiswa D3 dan S1 di Indonesia. Program ini diberikan dalam bentuk bantuan dana senilai Rp 650.000,- setiap bulan, bonus lulus tepat waktu, bonus TOEFL, serta pelatihan pengembangan kapasitas pribadi (Capacity Building). 

Program ini bekerjasama dengan 34 Perguruan Tinggi di Indonesia. Apabila universitas Anda tidak masuk partner VDMI, maka pada saat mendaftar bisa memilih Non Partner.

5. Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie

Program Beasiswa Orbit Hasri Ainun Habibie yang ditawarkan oleh Yayasan Amal Abadi merupakan salah satu bentuk nyata komitmen Ibu Hasri Ainun Habibie terhadap masa depan sumber daya manusia yang mempunyai potensi yang sangat besar, namun terkendala oleh masalah ekonomi keluarga.

6. Beasiswa Tanoto Foundation

Salah satu daftar beasiswa untuk mahasiswa S1 yang bisa kamu coba adalah Beasiswa Tanoto Foundation yang ditawarkan dalam skema PROGRAM TELADAN (Transformasi Edukasi untuk melahirkan Pemimpin Masa Depan). 

Program ini ditujukan bagi mahasiswa S1 semester 1 yang berkuliah pada perguruan tinggi mitra Beasiswa Tanoto. Beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Tanoto Foundation ini diberikan dalam bentuk biaya kuliah tiap semester sampai semester 8, tunjangan bulanan, berbagai program pelatihan kepemimpinan, dan lainnya.

 

Topik
beasiswa s1 populerdaftar beasiswa populer 2021monumen simpang lima gumul

Berita Lainnya

Berita

Terbaru