Pentingnya Belajar Bahasa Asing Sejak Dini? Ini Penjelasannya

Apr 10, 2021 18:54
Ilustrasi belajar berbagai bahasa asing (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi belajar berbagai bahasa asing (Sumber : Pixabay)

INDONESIATIMES - Mempelajari bahasa asing sangatlah dibutuhkan pada saat ini. Hal ini didorong dengan banyaknya kebutuhan tenaga kerja yang mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing.

Sementara itu untuk belajar bahasa asing sendiri sebaiknya dilakukan sejak dini. Namun jika orang dewasa ingin mempelajari bahasa asing pun tidak masalah, karena belajar tidak mengenal usia dan waktu. 

Namun mengapa kita harus belajar bahasa asing sejak dini? Berikut manfaat mengajarkan bahasa asing sejak dini.

1. Melatih Rasa Percaya Diri

Banyak orang yang gagal dalam mempelajari bahasa asing dikarenakan rasa malu yang ia miliki. Hal tersebut disebabkan oleh ketakutan mereka jika melakukan kesalahan ketika sedang mempraktikan bahasa asing tersebut di depan orang lain. Dengan demikian secara tidak langsung mempelajari bahasa asing dapat melatih rasa percaya diri kita sejak dini.

2. Meningkatkan Kreativitas

Seseorang yang dapat memahami banyak bahasa asing akan memiliki tingkat kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak. Hal tersebut dikarenakan proses belajar bahasa asing yang tidak hanya menggunakan hafalan dan ingatan. Melainkan juga menggunakan kreativitas dalam menggunakan kata-kata sesuai dengan kaidah dan arti. Dengan demikian kita akan diajarkan untuk mampu berpikir logis dan bereksperimen dengan kata dan ungkapan baru di setiap saatnya.

3. Menjadi Lebih Kritis

Mempelajari bahasa memberikan dampak positif bagi kita. Salah satunya adalah menjadi kritis. Hal tersebut didasari oleh proses pembelajaran yang memicu kita untuk lebih kritis dalam memahami dan menggunakan bahasa asing tersebut.

4. Meningkatkan Rasa Empati

Dengan mempelajari bahasa yang berbeda dengan budaya kita, membuat kita akan lebih bisa menempatkan diri di posisi orang lain. Hal tersebut dikarenakan ketika kita berbicara menggunakan bahasa asing tidak hanya membutuhkan keterampilan, namun juga mendorong kita untuk memahami perspektif, budaya dan nilai dalam pembicaraan.

5. Membuka Pikiran

Dengan mempelajari bahasa asing dapat membantu kita dalam melihat sudut pandang lain dan mengsekspresikan diri. Hal tersebut membuat kemampuan problem-solving dan multitasking kita secara tidak langsung meningkat.

6. Menghambat Risiko Terkena Alzhaimer

Adakah yang tahu bahwa mempelajari keterampilan baru dapat menghindarkan kita dari penyakit otak? Jawabannya adalah iya. Salah satu penyakit otak tersebut adalah alzhaimer.

Dilansir dari laman Michigan State University, bahwa orang yang memiliki kemampuan bahasa asing dapat menghambat risiko terkena penyakit Alzhaimer kurang lebih 4 tahun lebih lambat. Hal tersebut dikarenakan fungsi otak yang meningkat akibat mempelajari bahasa asing.

Setelah membaca beberapa manfaat mempelajari bahasa asing sejak dini, apakah kalian masih mau menunda untuk mempelajarinya? Yuk mari pelajari bahasa asing sejak dini untuk membuka peluang kita di masa yang akan datang.

Topik
Bahasa Asingbelajar bahasa asing sejak dinismkn 1 turen

Berita Lainnya

Berita

Terbaru