Dikunjungi Deputi Kedaulatan Maritim dan Energi, Pemkab Malang Harapkan Ini

Apr 09, 2021 21:01
Bupati Malang HM Sanusi (dua dari kanan) saat mendampingi Deputi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Basilio Dias Araujo (dua dari kiri) (foto: Humas Pemkab Malang)
Bupati Malang HM Sanusi (dua dari kanan) saat mendampingi Deputi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Basilio Dias Araujo (dua dari kiri) (foto: Humas Pemkab Malang)

 

MALANGTIMES - Kunjungan deputi kedaulatan maritim dan energi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia Kamis (8/4/2021) ke Kabupaten Malang dimanfaatkan Bupati  HM. Sanusi. Dia berharap banyak hal yang bisa dikembangkan di Kabupaten Malang, terutama bidang pariwisata dan  perikanan.

Menurut Sanusi, Kabupaten Malang sebagai wilayah terbesar kedua di Jawa Timur (Jatim) setelah Banyuwangi membuat banyak sekali potensi yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya yakni destinasi wisata dan kekayaan dalam laut.

“Kami harapkan nanti banyak pembangunan yang bisa dikembangkan terutama di bidang perikanan, wisata dan lainnya yang bisa digulirkan di Kabupaten Malang,” kata Sanusi.

Tak hanya itu.  Sanusi juga berharap kepada Kemenko Marves agar Kabupaten Malang bisa digulirkan program Sejuta Solar Cell ke perumahan warga. Hal itu untuk mendukung infrastruktur pariwisata yang ada di Kabupaten Malang.

“Utamanya kami berharap bisa digulirkan juga program Sejuta Solar Cell ke perumahan warga setelah deputi kedaulatan maritim dan energi Kemenko Marves  meninjau langsung ke sini (Pantai Balekambang),” ungkap Sanusi.

Di sisi lain, Sanusi menyebut  kawasan Pantai Balekambang juga memiliki peluang untuk dibangun pelabuhan nasional. Oleh karena itu, bupati Malang yang maju dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu berharap ada bantuan yang diberikan jika di Pantai Balekambang dibangun sebuah pelabuhan nasional.

“Mungkin nanti akan ada bantuan resort di Balekambang dan peninjauan atas peluang dibangunnya pelabuhan nasional," jelas pejabat yang akrab disapa Abah Sanusi itu.

Deputi Kedaulatan Maritim dan Energi, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Republik Indonesia Basilio Dias Araujo mengatakan bahwa pihaknya sudah mendengar paparan terkait potensi industri oerikanan tangkap di UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap Kabupaten Malang, Dusun Sendangbiru, Desa Tambakrejo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan.

Dalam hal ini, Basilio menyampaikan terbukanya jalur lintas selatan (JLS) diyakini nanti akan bisa menyambut terbukanya akses jalan dan menyiapkan infrastrukturnya. Salah satunya seperti akses jalan sekitar pantai yang masih belum bagus, penataan wilayah hingga penataan hotel.

“Masyarakat bisa diuntungkan pasca-terbukanya akses jalan ini. Saya ingin melihat kemungkinan untuk bisa mengembangkan potensi di sini. Seperti Kabupaten Malang yang memiliki pesisir Malang Selatan ini adalah wilayah menghadap ke Samudera Hindia yang laut terbuka dengan terdapat banyak sekali ikan tuna,” ungkap Basilio.

 

Topik
Potensi Kabupaten MalangBUPATI MALANGKecelakaan mobil di jalur Bomo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru