Inilah Daftar Juara Malang Got Culture Talent 2021

Apr 09, 2021 19:50
Malang Got Culture Talent 2021. (kebudayaan.disdik.kotamalang)
Malang Got Culture Talent 2021. (kebudayaan.disdik.kotamalang)

MALANGTIMES - Malang Got Culture Talent (MGCT) 2021 yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang melalui Bidang Kebudayaan  telah memasuki tahap pengumuman pemenang pada Rabu (7/4/2021).

Dari empat kategori yang dilombakan yakni, kategori cipta kreasi tari tradisional,  menari tari tradisional,  kidungan jula juli, dan cover lagu menggunakan alat musik tradisional, telah terpilih juara satu sampai juara tiga pada masing-masing kategori.

Untuk kategori cover lagu menggunakan alat musik tradisional, juara satu diraih  PPST SMPN 4 Malang, juara dua Sanggar Manunggal Jiwo, Juara ketiga grup band Ceje Coustic. Kemudian, untuk kategori kidungan jula juli, juara satu disabet Sanggar Widyaloka Among Rasa, juara dua PPST SMPN 4 Malang, juara ketiga yakni peserta perseorangan Wahyu Hadi Susilo.

Selanjutnya, untuk kategori menari tari tradisional jenjang SD, juara satu SDN Tunjungsekar 1 Malang, juara dua SDN Dinoyo 3 Malang (tim putri), juara tiga SDN Madyopuro 6 Malang. Sementara untuk jenjang SMP, juara satu diraih SMPN 4 Malang, juara dua SMPN 1 Malang, juara tiga SMP Katolik Mardi Wiyata Malang.

Untuk kategori terakhir, yakni kategori cipta kreasi tari tradisional, juara satu diraih Sanggar Kudo Maruto, juara dua Sanggar Putra Manggala, juara tiga Sanggar Turonggo Bagus Saputro.

Selain juara satu sampai juara tiga yang terpilih pada masing-masing kategori, juga terdapat juara favorit yang merupakan hasil vote dari para netizen pada masing-masing kategori. Yang pertama dari kategori menari tari tradisional tingkat SD, juara favorit yakni SDN Kesatrian 1 Malang dan untuk jenjang SMP diraih SMPN 24 Malang.

Untuk kategori cipta kreasi tari tradisional, juara favorit diraih oleh Sanggar Satria Madu Jaya. Di kategori cover lagu menggunakan alat musik tradisional, juara favoritnya SMPN 24 Malang. Dan di kategori kidungan juli-juli, juara favorit diraih peserta perseorangan Wahyu Hadi Susilo.

Ditemui beberapa waktu sebelumnya, Kepala Disdikbud Kota Malang, Suwarjana SE MM menjelaskan, MGCT akan dilakukan secara berkesinambungan. Sebab, hal tersebut memang untuk kebaikan para siswa maupun dalam upaya terus menggelorakan kecintaan terhadap budaya maupun kesenian tradisional.

"Tentu akan kami bikin berkesinambungan. Ini kan utamanya untuk siswa, agar tetap terpupuk dalam kecintaan terhadap budaya. Kalau nanti hanya sekali, tentu kurang efektif. Makanya kalau kaitannya dengan budaya, harus benar-benar tertanam dalam jiwanya," beber dia.

Lebih lanjut dijelaskan, jika kecintaan terhadap budaya dan kesenian tradisional telah tertanam sejak dini, tentu ke depannya akan berimbas pada kehidupan yang damai. Selain itu, penanaman cinta terhadap kebudayaan juga sebagai sarana menumbuhkan budi pekerti di dalam diri, khususnya untuk para siswa. "Sehingga budi pekerti ini juga bisa dipupuk melalui budaya," terang Suwarjana.

Untuk itu, ke depannya MGCT akan digelar lebih meriah lagi bilamana pandemi usai. Selain itu, tak hanya empat kategori yang dilombakan seperti gelaran MGCT saat ini. Direncanakan, ke depan akan ditambahkan kategori lain untuk dilombakan guna semakin memeriahkan MGCT.

Sementara itu, Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Kota Malang  Dr Dian Kuntari S STP MSi menjelaskan, para pemenang pada masing-masing kategori mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan.

"Untuk juara 1 pada masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah Rp 2 juta, juara 2 Rp 1,5 juta dan juara 3 Rp 1 juta. Ada juga juara terfavorit pilihan warganet. Hadiahnya Rp 1 juta," pungkasnya.

Topik
malang got culture talentDisdikbud Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru