Bantu Kelancaran Para Peneliti dan Penulis, Ini yang Dilakukan Perpustakaan UIN Maliki Malang

Apr 09, 2021 18:25
Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang Mufid MH saat menunjukan desain tata ruang perpustakaan UIN Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang Mufid MH saat menunjukan desain tata ruang perpustakaan UIN Malang (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Perpustakaan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang, terus melangkah maju dan berkembang untuk berkontribusi dalam membangun sumberdaya manusia, khususnya di lingkungan kampus berlogo Ulul Albab itu.

Salah satu upaya saat ini, Perpustakaan UIN Maliki Malang terus mematangkan desain tata ruang Research Carrel yang merupakan ruang para mahasiswa maupun dosen peneliti untuk bisa melakukan penelitian yang didukung dengan sejumlah fasilitas.

Kepala Perpustakaan UIN Maliki Malang Mufid MH menjelaskan, jika sebenarnya Research Common telah lama ada. Namun saat itu desain tata ruangnya masih desain lama, sehingga hal itu tentunya kurang memberikan semangat untuk mahasiswa maupun dosen dalam melakukan penelitian.

"Makanya, untuk saat ini kami terus berproses secara bertahap menyelesaikan desain tata ruang dari Research Common," jelasnya.

Desain tata ruang saat ini dibuat lebih dengan suasana yang fresh dengan warna-warna yang segar dan menyejukkan. Hal itu bertujuan untuk membuat para mahasiswa, dosen yang melakukan penelitian maupun penulisan bisa mendapatkan energi positif dari desain tata ruang yang baru.

"Harapannya ini juga bisa memberikan semangat maupun turut mendorong munculnya ide-ide dalam penelitian mereka yang menggunakan Research Common," terangnya.

Pada Research Carrel, tentunya juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas. Dosen ataupun mahasiswa yang melakukan penelitian dan penulisan diperkenankan membawa buku dari lantai 3 untuk dibawa ke lantai 2 demi kelancaran penulisan maupun penelitian yang dilakukan.

"Selain itu di sini juga didukung dengan fasilitas jaringan wi-fi yang lebih kuat dibandingkan dengan fakultas-fakultas. Ini tentunya untuk mendukung para mahasiswa maupun dosen agar bisa dengan lancar menyelesaikan pekerjaan maupun tulisan yang dikerjakan," ungkapnya.

Desain tata ruang di UIN Maliki Malang, tentunya terinspirasi dari berbagai perpustakaan, baik nasional maupun tingkat internasional.  Bahkan pada 2022, ditargetkan jika pihaknya juga akan mengembangkan perpustakaan dengan model libary cafe.

Begitupun dalam pemanfaatan ruang di lantai 1 dan 2, nantinya akan diminimalisir ada rak buku. Pelayanan buku perpustakaan kemudian akan dipindah ke lantai 3. Sehingga lantai 1 sebagai area information common, lantai 2 research common dan lantai 3 area koleksi.

"Nantinya akan ada cafe di sini, tapi konsepnya akan terkoneksi dengan perpustakaan. Sehingga bilamana misalnya di sini, kemudian mungkin ingin minum tinggal ke cafe. Ke depan bisa juga seperti halnya tersedia toko buku, tapi semua masih dimatangkan lagi," terangnya.

Sementara itu, pantauan di Perpustakaan UIN di lantai 2, tepatnya Research Commons, memang saat ini sudah memiliki desain  bagus dan rapi. Selain itu, di areal tersebut juga tergambar suasana menyejukkan. Dinding maupun perabot yang ada menggunakan warna-warna yang cerah, sehingga semakin membuat atmosfer di dalamnya begitu sejuk.

 

 

 

 

 

 

 

Topik
UIN Maliki MalangPerpustakaan UIN Maliki Malangkepala perpus uin malangIndonesia Emas 2045Berita Pendidikan Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru