Pemkot Malang Optimalkan Sektor Ekraf untuk Pemulihan Ekonomi

Apr 09, 2021 16:39
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).
Wali Kota Malang Sutiaji. (Foto: Humas Pemkot Malang for MalangTIMES).

MALANGTIMES - Pemulihan ekonomi tengah digencarkan di setiap daerah. Di Kota Malang, upaya-upaya untuk peningkatan pertumbuhan perekonomian terus dilakukan.

Salah satunya, dengan membidik sektor ekonomi kreatif (Ekraf). Dengan pengembangan di bidang ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Malang optimis pertumbuhan ekonomi akan semakin meningkat.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, penguatan sektor Ekraf berbasis digitalisasi yang kini bakal terus dikolaborasikan dengan sektor lainnya, termasuk untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Di mana, hal itu berguna untuk proses promosi hingga pemasaran produk dengan memanfaatkan platform marketplace.

"Di Kota Malang ini yang terus kita kuatkan sektor ekonomi kreatif, kita dorong dengan digitalisasi, pemasaran produk melalui e-commerce yang dilakukan para UMKM. Mudah-mudahan, ke depan bisa menambah percepatan recovery ekonomi," ujarnya, Jumat (9/4/2021).

Apalagi, banyak mahasiswa lulusan perguruan tinggi di Kota Malang memiliki basic IT. Yang mana, hal ini menjadi pegangan penting guna terus meningkatkan sektor ekonomi kreatif agar Malang tak hanya dikenal di ranah Jawa Timur, melainkan nasional hingga mendunia.

"Maka fokus ekonomi kita bagaimana pendataan kita kuatkan dengan sinergi, termasuk dengan perbankan, pendampingan hingga produk-produk teman-teman UMKM dikuatkan," jelasnya.

Potensi ekonomi di wilayah Kota Malang, dikatakan Sutiaji, ditunjang pula dengan adanya perguruan tinggi. Di mana, selain terus mengoptimalkan Ekraf, juga mampu meningkatkan potensi pariwisata yang ada.

Tentunya, hal itu juga tak lepas dari sinergitas antar daerah di Malang Raya, yakni Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang.

"Ini akan kami kuatkan, bagaimana bersinergi dan kolaborasi bersama Kota Batu dan Kabupaten Malang. Kota Malang memiliki wisata heritage, wisata halal, hotel dan lainnya, yang nanti akan dikuatkan dengan potensi wisata di Kota Batu dan Kabupaten Malang," tandasnya.

Topik
ekraf kota MalangEkonomi KreatifPemkot Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru