Tanam Jiwa Wirausahawan Sejak Muda, Ini Tips Ide Usaha yang Banyak Digemari Mahasiswa

Apr 09, 2021 16:12
ilustrasi wirausahawan (sumber:pixabay)
ilustrasi wirausahawan (sumber:pixabay)

JATIMTIMES - Wirausaha sedang menjadi hal yang trending, terutama di saat pandemi sekarang ini. Sekarang tidak hanya orang dewasa yang mulai berbisnis, tetapi anak-anak muda sekarang sudah mulai sadar betapa pentingnya berwirausaha sejak dini dan merintis usaha mereka sendiri. 

Sejak tahun 2018, pemerintah juga menjadikan program kewirausahaan sebagai prioritasnya. Sekarang kewirausahaan sudah menjadi mata pelajaran maupun mata kuliah di hampir semua institusi pendidikan yang ada di Indonesia mulai dari jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang perguruan tinggi. Memang jiwa-jiwa pebisnis hahur ditanamkan sejak kecil.

Jumlah wirausahawan yang ada di Indonesia sudah mencapai 3,1% dari total jumlah penduduk yaitu dari total 260 juta jiwa penduduk Indonesia, sekitar 8,06 juta jiwanya adalah seorang wirausahawan. Wirausahawan sendiri pada umumnya adalah suatu kegiatan usaha mandiri yang seluruh sumber daya dan kegiatannya dibebankan kepada si pelaku usaha atau yang biasa disebut wirausahawan.

Berikut ini adalah ide bisnis yang sedang trend di kalangan mahasiswa:

1. Kuliner

Bisnis kuliner memang tidak akan pernah padam, karena makan adalah kebutuhan pokok manusia. Dengan biaya modal yang tidak begitu besar tetapi margin keuntungan yang bisa jadi sangat besar, hal ini membuat usaha di bidang kuliner cocok bagi anak-anak muda terlebih lagi mahasiswa.

Selain itu dengan adanya layanan pesan antar makanan seperti go-food dan grab food membuat usaha kuliner ini tetap bertahan walaupun di era pandemi seperti ini. Dengan adanya layanan seperti itu pelanggan tidak perlu repo-repot keluar rumah untuk mendapatkan makanan yang mereka mau. Praktis kan!

2. Fashion busana

Usaha di bidang fashion busana menjadi yang paling diminati oleh para mahasiswa. Tentunya usaha di bidang fashion busana juga memiliki lingkup pasar yang sangat luas mulai dari baju, celana, jaket, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya merk-merk luar negeri saja yang terkenal tetapi merk-merk lokal juga banyak yang sedang naik daun. Oleh karena itu usaha di bidang fashion merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang ingin mulai berbisnis.

3. Jasa fotographer dan videographer

Meskipun sekarang hampir semua orang sudah bisa mengoperasikan sebuah kamera, tetapi belum tentu orang itu dapat menghasilkan hasil yang memuaskan. Sekarang juga banyak sekali tutorial-tutorial yang mengajarkan teknik mengambil foto dan video yang menarik.

Jasa fotographer dan videographer ini tentunya juga banyak dicari untuk acara-acara seperti wisuda, pre-wedding, pernikahan, dan masih banyak lagi.

4. Skin care dan kosmetik

Skin care dan kosmetik sekarang sedang ramai diminati oleh kaum-kaum muda. Banyak remaja yang menggunakan skin care dan kosmetik guna mempercantik diri agar “glow up”.  Selain itu sekarang tidak hanya kaum hawa saja yang menggunakan skin care maupun kosmetik, tidak sedikit juga kaum pria yang menggunakan skin care dan kosmetik agar diri mereka lebih glowing.

Hal ini yang membuat usaha di bidang ini cocok bagi mahasiswa yang ingin membangun bisnis kecil menengah. Di mana jangkauan pasar dari bidang skin care dan kosmetik sudah berkembang pesat dari yang hanya identik dengan perempuan sekarang laki-laki juga banyak yang menggunakan produk-produk seperti itu. 

 

Topik
bisnis mahasiswaBisnis Kreatif Mahasiswa

Berita Lainnya

Berita

Terbaru