Bertajuk Desember Jangan Menangis, Konsep Animasi dan Realis Hadir dalam MV Monohero

Apr 09, 2021 11:30
Para personel dari Monohero yang sampai saat ini masih terus berkarya. (Foto: Dok. Monohero)
Para personel dari Monohero yang sampai saat ini masih terus berkarya. (Foto: Dok. Monohero)

MALANGTIMES - Usung konsep animasi dan realis yang digabung menjadi satu, trio audiovisual asal Kota Malang yakni Monohero luncurkan MV (Music Video) bertajuk "Desember Jangan Menangis". MV "Desember Jangan Menangis" pun sudah dapat dinikmati mulai kemarin Kamis (8/4/2021) di channel YouTube Monohero. 

Dalam penggarapan MV "Desember Jangan Menangis" ini, Monohero bekerjasama dengan sutradara asal Malang yakni Jovian Fraaije yang juga terkenal sebagai videografer dan pernah terlibat dalam lenggarapan video klip beberapa musisi seperti Slank, TuanTigaBelas dan Sore.

Bertajuk-Desember-Jangan-Menangis-Konsep-Animasi-dan-Realis-Hadir-dalam-MV-Monohero3b6f79ed3d1ee6d8.jpg

Selaku sutradara dalam penggarapan MV "Desember Jangan Menangis" ini Jovian mengatakan bahwa lagu tersebut merupakan lagu favoritnya pada album Awake yang dikeluarkan oleh Monohero. 

"Secara personal, 'Desember Jangan Menangis' adalah lagu favoritku dari album Awake. Terus kemudian kepikiran, ‘kayaknya asik semisal aku bikin’in MV buat lagu ini," ujarnya dalam pers rilis yang diterima MalangTIMES.com, Jumat (9/4/2021). 

Setelah itu, dengan semangat berkarya akhirnya terciptalah diskusi antara Jovian dengan Monohero. Utamanya dengan vokalis sekaligus penulis lirik lagu "Desember Jangan Menangis" yakni Arie Omen. Dari hasil diskusi itu pun akhirnya tercipta konsep percampuran antara  animasi dan realis. 

Bertajuk-Desember-Jangan-Menangis-Konsep-Animasi-dan-Realis-Hadir-dalam-MV-Monohero-2b75e2f6c290234d5.jpg

"Awake adalah album yang terkonsep. Setiap lagu berurutan membentuk sebuah kisah perjalanan. Nah lagu ini kayak puncak emosionalnya. Fase seorang manusia akhirnya tunduk menerima takdir, setelah terus menerus lari menghindarinya," jelasnya. 

Maka dari itu, kata Jovian bahwa dalam MV "Desember Jangan Menangis" ini lebih dominan penampakan Omen yang sedang lari di beberapa tempat. Hingga akhirnya berhenti disebuah hamparan rumput luas. 

"Makanya video ini dominan dengan adegan Omen lari di berbagai tempat. Lalu ada campuran animasi di dalamnya untuk membedakan kehidupan sureal yang penuh pesan dab kehidupan realis yang penuh tanda tanya," ujarnya. 

Dalam proses penggarapannya, Jovian pun tidak bekerja sendiri. Ia dikeliling rekan-rekan yang setia di kiri-kanannya untuk membantu proses kreatif ini. Diantaranya ada nama Benigno Adib sebagai sutradara animasi, Dimasngehe di kursi Director Of Photography (DOP) sekaligus editor, Aswoood (animator) dan Bayu Rizky (Aerial).

Komposer musik di lagu "Desember Jangan Menangis" ini digarap oleh MF Wafy. Untuk penulis lirik dikerjakan oleh Arie Omen, Derajad Kreatifinarta dan Mochammad Rizka. Untuk desain artwork diserahkan kepada Alfian Roesman. Lroses mixing dan mastering dilakukan oleh Navis Hamami dan MF Wafy di Audionails Studio. 

Selain itu, juga terdapat dukungan untuk membantu proses penggarapan MV "Desember Jangan Menangis" yakni Ngalamstore dan GOODVIBES Creative yang mendukung setia mulai dari awal hingga akhir penggarapan. 

Untuk proses peluncurannya sendiri, selain diluncurkan melalui channel YouTube Monohero, juga diadakan launching dan skrining pembuatam MV "Desember Jangan Menangis" di Movimax Studio Dinoyo pada hari Kamis (8/4/2021) yang juga turut mengundang pelaku kreatif serta rekan-rekan awak media dan kawan dekat. 

"Ya semacam syukuran kecil-kecilan aja sebenarnya," ujar singkat MF Wafy yang merupakan komposer dari Monohero.

Sementara itu, Monohero hingga sampai saat ini masih diperkuat oleh ketiga personelnya. Yakni Muhammad Fadhil Wafy, Arie Wahyudi Prasetya (Omen) dan Alfian Roesman (Beb).  

Sebagai informasi bahwa lagu "Desember Jangab Menangis" merupakan lagu lama yang sebekumnya sudah dirilis sebagai single di tahun 2019 beserta visualizer yang diproduksi oleh Beb sebagai penanggungjawab visual Monohero. Lalu lagu "Desember Jangan Menangis" masuk dalam materi album Awake yang merupakan album perdana Monohero yang telah diluncurkan pada tahun 2020.

Topik
musik asli malangmusik indi malangMonoheroKota Malangdunia musik

Berita Lainnya

Berita

Terbaru