Luncurkan Aplikasi Konco Sregep, DPPKB Kabupaten Malang Sasar Anak Muda

Apr 08, 2021 18:39
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (dua dari kiri) bersama beberapa perwakilan OPD dan tim FKM Unair saat meluncurkan aplikasi Konco Sregep, Kamis (8/4/2021) (Foto: Fery/MalangTIMES)
Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto (dua dari kiri) bersama beberapa perwakilan OPD dan tim FKM Unair saat meluncurkan aplikasi Konco Sregep, Kamis (8/4/2021) (Foto: Fery/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Malang meluncurkan aplikasi yang menyasar anak muda. Bekerja sama dengan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair), aplikasi itu bernama Konco Sregep. Launching berlangsung di pendapa Kabupaten Malang, Kamis (8/4/2021).

Konco Sregep ini merupakan aplikasi garapan tim FKM Unair dengan DPPKB untuk memfasilitasi para generasi muda, khususnya remaja di Kabupaten Malang, guna mencurahkan segala permasalahan yang mereka hadapi.

Salah satu Tim FKM Unair, Mutmainah, menjelaskan bahwa fungsi aplikasi Konco Sregep  sebagai pendamping dan wadah untuk memberikan informasi dan edukasi seputar kehidupan kaum remaja. Informasi dan edukasi ini dalam hal reproduksi, seks, kesehatan mental, dan juga pembentukan karakter remaja.

Di aplikasi Konco Sregep, terdapat beberapa menu yang bisa diakses. Misalnya menu 'Awakmu Sehat?' Di situ para remaja bisa mengukur kesehatan diri mereka ,mulai dari kesehatan fisik maupun mental.

Kemudian, para remaja bisa melakukan konseling dengan konselor atau dukungan sebayanya melalui menu 'Curcolin'.  "Pada fitur ini, anak-anak nanti bisa curhat atau mencurahkan permasalahan mereka yang mungkin mereka malu untuk curhat langsung ke orang lain," imbuh wanita yang saat ini sedang menyelesaikan disertasi tersebut.

Selain itu, para remaja dapat memberikan laporan melalui aplikasi Konco Sregep tentang permasalahan teman mereka. Diharapkan, para remaja ini nantinya bisa saling membantu  melalui aplikasi Konco Sregep.

Konco Sregep ini dinilai sebagai inovasi penting yang diusung DPPKB Kabupaten Malang dalam menuntun remaja ke arah positif dan menghindarkan mereka dari hal-hal negatif seperti narkoba, seks bebas, dan  pernikahan dini.

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto menyambut baik dan mendukung  adanya aplikasi ini. Ia juga menambahkan aplikasi ini sejalan dengan peran Duta Genre Kabupaten Malang sebagai representasi remaja dan DPPKB Kabupaten Malang dalam menyebarkan hal-hal positif.

"Harapannya ini sebagai sarana dalam membahas isu-isu generasi yang berencana. Jadikan media ini sebagai wadah untuk sebarkan virus kebaikan, nilai kebangsaan, dan etika pergaulan," imbuhnya.

Aplikasi Konco Sregep ini diresmikan dan diluncurkan bersamaan dengan digelarnya acara Grand Final Duta Genre Kabupaten Malang yang diadakan di pendapa Kabupaten Malang hari ini.

Topik
Aplikasi Konco SregepDPPKB Kabupaten MalangPemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru