Genjot Sosialisasi Program KB, Grand Final Duta Genre Sukses Digelar

Apr 08, 2021 18:02
Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, bersama Finalis Duta Genre Kabupaten Malang 2021, Kamis (8/4/2021) di Pendopo Kabupaten Malang (Foto: Fery/ MalangTIMES)
Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto, bersama Finalis Duta Genre Kabupaten Malang 2021, Kamis (8/4/2021) di Pendopo Kabupaten Malang (Foto: Fery/ MalangTIMES)

MALANGTIMES - Badan Penanggulangan Penduduk dan Keluarga Berencana (BPPKB) Kabupaten Malang terus menyosialisasikan Program Keluarga Berencana (KB) melalui perhelatan Grand Final Duta Genre Kabupaten Malang 2021, Kamis (8/4/2021) di Pendapa Kabupaten Malang.

Melalui ajang yang diadakan secara rutin tiap tahunnya ini, BPPKB ingin agar finalis dan duta yang terpilih dapat menjadi perpanjangan tangan dalam menyosialisasikan program-program mereka dalam membangun keluarga berencana yang sesuai dengan tatanan sosial yang baik.

Seperti yang diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Malang, Aunur Rofiq saat menyampaikan laporannya. Yakni dengan adanya Duta Genre ini diharapkan masyarakat khususnya remaja dapat dijangkau dan sosialisasi untuk hal-hal seperti pernikahan dini bisa diminimalisir.

"Tujuannya diadakan ajang pemilihan duta ini adalah untuk menbentuk kesiapan kehidupan berkeluarga bagi para remaja agar mereka bisa berkarir dan mempersiapkan pernikahan dengan matang," ungkapnya.

Ajang pemilihan Duta Genre Kabupaten Malang ini juga disinyalir sebagai wadah pembentukan kepribadian yang positif untuk para remaja. Juga sebagai jurus kebaikan guna menyosialisasikan dan mempromosikan generasi berencana.

Ajang yang dihelat sejak bulan Februari 2021 ini, berhasil mengumpulkan 170 remaja di berbagai kecamatan Kabupaten Malang, dan dari 170 remaja itu kemudian diseleksi dengan 7 tahap hingga akhirnya terpilihlah 20 finalis.

Acara yang digelar di Pendapa Kabupaten Malang ini berhasil memilih pasangan Duta Genre Kabupaten Malang 2021, yakni Farhan Mahally perwakilan dari Kecamatan Turen, dan Kansa Aisya Azzahra Muttaqin perwakilan dari Kecamatan Tumpang.

Kesepuluh finalis Duta Genre Kabupaten Malang ini selain mewakili kecamatan asalnya, juga mewakili Pusat Informasi dan Konseling Remaja atau yang lebih dikenal dengan PIK-R di masing-masing sekolah.

PIK-R merupakan suatu wadah kegiatan PKBR (Pusat Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja guna memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang perencanaan kehidupan berkeluarga bagi remaja.

Wakil Bupati Malang, Didik Gatot Subroto juga menambahkan dengan adanya ajang ini pemerintah berharap agar dapat memberikan wadah bagi remaja Kabupaten Malang untuk menjadi generasi penerus yang memiliki intelektualitas.

"Melalui event ini, kita beri ruang mereka sebagai wakil dari generasi muda agar ikut menyosialisasikan kepada sesama angkatannya agar berperilaku hidup dan berkegiatan positif," terang Didik.

Topik
duta genre kabupaten malangduta genre

Berita Lainnya

Berita

Terbaru