Penguatan Pendidikan Karakter, Ruwatan Nagari Kota Malang 2021 Bakal Jadi Dokumenter

Apr 08, 2021 15:26
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat memberikan penjelasan kepada MalangTIMES.com usai gelaran acara Ruwatan Nagari Kota Malang 2021, Rabu (7/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 
Wali Kota Malang Sutiaji (tengah) saat memberikan penjelasan kepada MalangTIMES.com usai gelaran acara Ruwatan Nagari Kota Malang 2021, Rabu (7/4/2021). (Foto: Tubagus Achmad/MalangTIMES) 

MALANGTIMES - Sebagai bentuk penguatan pendidikan karakter, salah satu rangkaian kegiatan HUT (Hari Ulang Tahun) Kota Malang yang ke-107 tahun yakni Ruwatan Nagari 2021 Kota Malang bakal segera dijadikan film dokumenter yang dapat dinikmati dan dimaknai oleh seluruh lapisan masyarakat, utamanya warga Kota Malang. 

"Insya allah gelaran ruwat malang akan dibuat film dokumenter yang akan di launching tanggal 2 Mei 2021 ini," ujar Wali Kota Malang Sutiaji kepada MalangTIMES.com, Rabu (7/4/2021). 

Kegiatan Ruwatan Nagari 2021 Kota Malang yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang juga ditampilkan pertunjukan tari tradisional, pagelaran wayang kulit dengan intisari lakon Suda Mala dan ditutup dengan penampilan Jula Juli. 

Lanjut Sutiaji, pihaknya mengatakan bahwa dengan kegiatan-kegiatan yang mengedepankan unsur-unsur budaya lokal Kota Malang, utamanya kepada generasi muda akan lebih menguatkan pendidikan karakter. 

"Seiring dengan itu, pendidikan karakter ini kan kita kuatkan. Menengarai bahwa anak-anak kita harus sadar kewajiban bagi kita nguri-nguri budaya untuk menghormati jasa orang dan menuakan orang yang sudah tua," terangnya.

Terlebih lagi, disampaikan Sutiaji bahwa penguatan pendidikan karakter kepada generasi muda yang berbasis budaya didukung juga dengan Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan.

"Terlebih saat ini kan sudah mempunyai Undang-Undang 5 (UU Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, red) ya tentang pemakmuran, pemajuan budaya," ujarnya. 

 

Salah satunya dengan digelarnya Malang Got Culture Talent yang diadakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Malang. "Ya itu kan salah satu cara. Bagaimana untuk mereaktualisasikan budaya-budaya bangsa yang kita aktualisasikan kembali," katanya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Suwarjana dalam sambutannya mengatakan, bahwa kegiatan seperti Ruwat Nagari 2021 Kota Malang dan Malang Got Culture Talent merupakan upaya meningkatkan ketahanan budaya ditengah peradaban dunia melalui perlindungan pengembangan dan pemanfaatan budaya tradisional. 

"Tujuan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya serta dapat melestarikan warisan budaya bangsa," katanya. 

Lebih lanjut, kegiatan Ruwatan Nagari 2021 Kota Malang diharapkan dapat menjadi kegiatan pelestarian tradisi lokal Kota Malang yang akan diteruskan oleh generasi muda Kota Malang.

"Sebagai pelajaran inspirasi dan motivasi untuk mencapai tujuan pemajuan kebudayaan di Kota Malang," tandasnya. 

Topik
Ruwatan Nagari Kota Malang 2021Pendidikan karaktermalang got culture talentgenerasi mudaDinas Pendidikan dan KebudayaanFilm Dokumenter

Berita Lainnya

Berita

Terbaru