Tips Ide Freelance Bagi Mahasiswa, Cocok untuk Tambah Uang Jajan Nih!

Apr 08, 2021 15:06
Ilustrasi UX Designer (Sumber: pixabay)
Ilustrasi UX Designer (Sumber: pixabay)

INDONESIATIMES - Freelance adalah pekerjaan yang dilakukan seseorang secara mandiri dan biasanya tidak berkomitmen pada majikan dalam satu waktu yang panjang. Freelance atau yang biasanya dikenal dengan kerja sambilan akhir-akhir ini menjadi hal yang cukup populer dikalangan mahasiswa. 

Pada umumnya, mahasiswa mencari kerja sambilan guna untuk menambah uang saku. Tetapi semakin ke depan, mahasiswa menjadikan freelance ini sebagai hobi dan sarana untuk mencari pengalaman di dunia kerja.

Dilansir dari youtube Keke Genio, keuntungan dalam melakukan freelance ini adalah salah satunya jam kerja yang tidak terikat oleh waktu atau flexible. Hal ini tentunya memudahkan mahasiswa untuk mencari tambahan uang jajan tanpa repot membagi waktu antara kuliah dan bekerja. Selain itu, upah dari freelance juga tidak terpatok pada 1 angka tetap tetapi tergantung dari usaha kerja yang dilakukan. 

Berikut ini adalah 5 tips ide freelancer bagi mahasiswa dilansir dari youtube channel Keke Genio.

1. Social Media Specialist

Sekarang, banyak pebisnis yang mempekerjakan orang lain untuk mengurusi social media mereka maupun bisnis mereka, dan orang yang mengurusi segala sesuatu mengenai social media itu disebut social media specialist. 

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika kita ingin menjadi seorang social media specialist, yaitu kita harus mengetahui mengenai brand guidelines, kita harus dapat berpikir kreatif, dan juga kita harus memahami betul mengenai teknis dari social media yang kita tangani.

2. Videographer dan Fotographer

Videographer dan fotographer sekarang banyak digemari oleh anak-anak muda. Tentunya selain memiliki kemampuan dalam memotret dan editing video, seorang fotographer dan videographer  harus memiliki peralatan yang memadai seperti kamera, lensa dan perlengkapan editing.

3. Content Creator

Dengan perkembangan dunia hiburan yang meroket, content creator juga menjadi hal menarik yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Menjadi content creator juga sangat menarik bagi kebanyakan mahasiswa terutama mereka yang memang senang menciptakan sesuatu menarik karena selaras dengan hobi. 

4. Freelancer Teacher

Sekarang semakin banyak juga platform-platform belajar online, dan hal ini semakin membuka peluang bagi teman-teman mahasiswa yang ingin mencoba menjadi freelancer pengajar. Tentunya kebutuhan dari bidang ini harus sesuai dengan kemampuan yang dimiliki teman-teman.

5. Designer dan Programer

Semakin lama designer dan programer semakin banyak dicari baik oleh peusahaan menengah kebawah hingga perusahaan menengah keatas. Banyak perusahaan yang membutuhkan designer seperti UI/UX designer, web designer, dan masih banyak lagi. Programer juga banyak dicari perusahaan, terutama untuk mengatasi permasalahan website, program dan lain sebagainya.

Topik
kerja sambilanide freelancefreelance untuk mahasiswacontent creatordunia mahasiswa
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru