Waspada! Maling Kambing Marak di Desa Junrejo Kota Batu

Apr 08, 2021 10:57
Suasana kandang kambing milik Priyanto yang berada di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kota Batu, Kamis (8/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Suasana kandang kambing milik Priyanto yang berada di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kota Batu, Kamis (8/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES- Beberapa warga yang beternak kambing di kawasan Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu mengeluh karena ternak kambing mereka hilang dicuri orang.

Salah satu warga Dusun Jeding, Desa Junrejo, Priyanto mengaku, 9 kambing milikanya hilang dicuri orang. Ia baru menyadari saat hendak memberikan pakan ke kambingnya pada pagi hari. Dia mendapati 9 ekor kambingnya telah hilang. "Kejadian itu pada hari Jumat (2/4/2021), Saya sempat mendengar suara dari kandang sekitar pukul 03.00 wib. Namun, kondisinya gelap dan tidak mengecek. Eh, pagi harinya sudah hilang," ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Priyanto pun sangat khawatir, sebab kejadian ini tidak hanya terjadi sekali. Kambing peliharaannya itu hilang secara bertahap. "Kambing itu untuk biaya keponakan. Untuk harga kambing cukup mahal. Kambing dengan ukuran besar harganya Rp 3 juta. Kalau ukuran kecil Rp 2 juta. Sedangkan anak kambing Rp 600 ribu," ujarnya.

Tidak hanya Priyanto saja yang kehilangan kambing, ada beberapa tetangganya pun juga mengalami nasib yang sama. Seperti, Saimun yang juga kehilangan 12 ekor kambing, Gimin kehilangan 2 ekor, Supri kehilangan 12 ekor, Mislan kehilangan 2 ekor, Rakhmad kehilangan 5 ekor, NRS kehilangan 9 ekor kambing, dan Riyono 12 ekor. "Jika ditotal ada 62 ekor kambing milik warga yang hilang dicuri orang. Untuk pelakunya, kami tidak mengetahui," ujarnya.

Kepala Desa Junrejo, Andi Faisal Hasan mengaku, memang banyak kambing milik warga Junrejo hilang. Kejadian ini sudah kerap terjadi pada tahun-tahun sebelumnya. "Seperti kejadian tahun lalu, kambing milik warga dekat rumah saya, dia kehilangan kambingnya. Tahu-tahu, kambingnya sudah disembelih di dekat kandang oleh pelaku," ujarnya.

Dengan maraknya pencurian kambing, pihaknya juga telah melakukan ronda malam hingga subuh. Akan tetapi, pencuri tersebut masih saja bisa melakukan aksinya.

"Saya berharap agar masalah ini bisa diselesaikan bersama-sama dengan warga juga. Jika ada anggaran lebih, kami akan memasang cctv di setiap RW di Desa Junrejo," ujarnya.

Sementara itu, Kapolsek Junrejo, AKP Diana Pujiastuti membenarkan bahwa terjadi pencurian kambing di kawasan sekitar. "Iya betul, karena jumlahnya besar, maka langsung ditangani oleh Polres Kota Batu," ujarnya.

Topik
Berita Batupencurian kambingdiana pujiastuti

Berita Lainnya

Berita

Terbaru