UTBK Tinggal Menghitung Hari, Berikut Tips Jitu Sukses UTBK 2021

Apr 07, 2021 21:34
Ilustrasi belajar (Sumber : Pixabay)
Ilustrasi belajar (Sumber : Pixabay)

MALANGTIMES - Ada beberapa tips jitu sukses mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021  Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang akan  segera dilaksanakan. Jurus jitu sukses UTBK ini perlu dipersiapkan karena jadwal pelaksanaan ujian pada gelombang pertama akan dilangsungkan pada  12-18 April 2021. Sedangkan gelombang kedua akan digelar pada 26-30 April 2021 serta 01-02 Mei 2021.

Berikut tips jitu sukses mengikuti UTBK 2021.

1. Kerjakan Latihan Soal dan Evaluasi

Langkah awal dalam mempersiapkan diri kita untuk mengikuti UTBK 2021 adalah dengan mengerjakan latihan soal UTBK tahun sebelumnya terlebih dahulu. Mengapa langkah pertama sudah harus latihan soal? Karena hal tersebut akan membantu kita dalam mengetahui seberapa mampu dan siap-nya diri kita dalam menghadapi soal-soal tersebut.

2. Pahami Konsep

Masih adakah yang belajar dengan cara menghafal?

Kebanyakan siswa di Indonesia masih menggunakan cara tersebut untuk belajar. Tak ada salahnya belajar dengan cara menghafal, namun harus kita ingat ada beberapa mata pelajaran yang harus kita pahami teori dasar materi tersebut terlebih dahulu.

Misalnya adalah pelajaran matematika, yang mengharuskan kita memahami konsep dasar perhitungan matematika agar dapat memudahkan kamu dalam menyelesaikan soal perhitungan yang beragam.

3. Ikuti Try Out

Mengikuti try out UTBK yang telah banyak diselenggarakan oleh pihak ketiga dapat kita jadikan sebagai simulasi dari pelaksanaan UTBK itu sendiri. Hal tersebut akan memudahkan kita dalam mengetahui seberapa siap diri kita dalam menghadapi UTBK yang sebentar lagi akan dilaksanakan.

4. Persiapkan Mental Kalian

Pernahkah kalian berpikir untuk mempersiapkan mental kalian sebelum menghadapi sebuah ujian?

Banyak siswa masih belum mempersiapkan mental mereka ketika mereka menghadapi kegagalan dalam sebuah ujian yang disebabkan oleh salah dalam menanamkan mindset pada diri kita sendiri dalam berjuang mendapatkan impian. Padahal hal tersebut sangatlah dibutuhkan agar tidak mudah menyepelekan waktu yang ada dan dapat menggunakannya untuk belajar demi menggapai  impian.

5. Menjaga Kesehatan

Hal terakhir dan terpenting yang perlu kita lakukan adalah menjaga kesehatan. Karena kebanyakan para calon mahasiswa akan memaksimalkan proses belajar mereka sampai belajar hingga tengah malam. Nyatanya hal tersebut akan berpengaruh terhadap kesehatan yang dapat mengganggu proses belajar. Bahkan hal tersebut bisa menjadi salah satu penyebab tidak dapat mengikuti UTBK.

Topik
Pendaftaran Mahasiswa BaruSBMPTNPeserta SBMPTNutbk 2021sukses utbk

Berita Lainnya

Berita

Terbaru