Resmi! Pemerintah Larang Cuti dan Mudik Lebaran Tahun 2021 untuk PNS

Apr 07, 2021 20:04
PNS/ASN dilarang mudik pada Tahun ini guna memutus rantai penyebaran Covid-19
PNS/ASN dilarang mudik pada Tahun ini guna memutus rantai penyebaran Covid-19

MALANGTIMES - Pemerintah sudah resmi melarang Pegawai Negeri Sipil/Aparatur Sipil Negara untuk cuti atau pun mudik pada saat lebaran tahun 2021 ini. Kebijakan ini ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo yang tertuang dalam Surat Edaran (SE) nomor 8 Tahun 2021 terkait pembatasan cuti dan mudik. 

Melalui surat bertanggal 7 april 2021 tersebut, Menpan RB menjelaskan Surat Edaran Resmi dibuat dalam rangka Mencegah maupun memutuskan rantai penyebaran Covid-19. "Perlu dilakukan pembatasan kegiatan bepergian keluar daerah dan/atau mudik/atau cuti bagi pegawai Aparatur Sipil Negara dalam masa pandemi Covid-19," kata Tjahjo dikutip dari Surat Edaran tersebut, Rabu (7/4).

Akan tetapi larangan ini resmi dibuat dikecualikan bagi ASN/PNS yang melakukan perjalanan dalam rangka pelaksanaan tugas kedinasan yang bersifat penting dan mendadak. Dengan catatan yang bersangkutan melakukan bepergian ataupun keluar daerah sudah mendapatkan ijin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) di Lingkungan Instansi Tempat ia bekerja.

Kemudian, ASN juga perlu mematuhi kriteria, persyaratan dan protokol perjalanan serta menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh kementerian kesehatan.

Bukan hanya itu, Tjahjo juga melarang PNS cuti pada periode 6 mei hingga 17 mei 2021. "Pegawai ASN tidak mengajukan cuti selama periode sebagaimana dimaksud pada angka 1 huruf a (tanggal 6 hingga 17 Mei)," jelas Tjahjo sesuai yang dijelaskan dalam SE tersebut.

ASN yang membandel akan diberi hukuman disiplin sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2018 tentang Manajemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja.

Topik
larangan mudikTjahjo Kumolo

Berita Lainnya

Berita

Terbaru