Makin Mudah, Sewa Layanan Olahraga di Kota Malang Cukup Lewat Simbah-e

Apr 07, 2021 16:30
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni. (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Upaya memberikan berbagai fasilitas pelayanan publik terus dioptimalkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang. Salah satunya, inovasi yang dihadirkan Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kota Malang yakni Simbah-e (Sistem Pembayaran Elektronik).

Inovasi ini hadir untuk memudahkan masyarakat Kota Malang dalam mekases layanan olahraga. Seperti proses sewa menyewa lapangan olahraga dengan mudah. Sebab, bagi yang ingin melakukan penyewaan itu, cukup melalui aplikasi tersebut.

"Konsepnya mudah, masyarakat yang ingin menggunakan lapangan nggak perlu datang ke dinas (kantor Disporapar Kota Malang). Tinggal membuk aplikasi, lalu bisa mendaftar disitu," ujar Kepala Disporapar Kota Malang Ida Ayu Made Wahyuni.

Bahkan, sistem pembayaran penyewaan tersebut juga langsung terintegrasi melalui Simbah-e itu sendiri. Sehingga, lebih mudah diakses tanpa ribet melakukan pembayaran.

Termasuk, dijelaskannya, melalui aplikasi yang dilaunching Wali Kota Malang Sutiaji bersamaan dengan launching Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Gebyar Panutan Pajak 2021 sekaligus e-SPPT di halaman Balai Kota Malang, Rabu (7/4/2021) tersebut, bisa untuk mengakses jadwal.

Artinya, para penyewa lapangan akan lebih mudah melihat jadwal penggunaan agar tidak terjadi bentrok jadwal dengan penyewa lainnya.

"Ini memudahkan mereka, karena mereka juga tahu tanggal-tanggal berapa itu akan digunakan oleh masyarakat lain. Sehingga mereka ndak bisa memakai ketika sudah di blok oleh yang lain," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji mengatakan, berbagai inovasi yang dihadirkan oleh Pemkot Malang guna memberikan kemudahan bagi masyarakat. Di mana, hal ini diharapkan terus dikuatkan dan juga diikuti oleh kedinasan lainnya.

"Paradigma ini untuk terus menerus melakukan evolusi dan berinovasi. Masyarakat terlayani dg baik, komitmen kami melayani bersama-sama," ungkapnya.

Topik
Pelayanan PublikKota Malanglayanan olahragaWali Kota Malang SutiajiBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru