Informasi beasiswa Luar dan Dalam Negeri yang Dapat Dipersiapkan untuk Bulan Mei, Ada yang ke Korea Loh!

Apr 07, 2021 14:56
Ilustrasi (sumber: pixabay)
Ilustrasi (sumber: pixabay)

INDONESIATIMES - Beasiswa tentunya merupakan dambaan bagi kebanyakan pelajar, terutama bagi mereka yang akan dan sedang melaksanakan pendidikan di perguruan tinggi. Ada berbagai jenis beasiswa yang bisa didapatkan oleh pelajar mulai dari beasiswa penuh sampai dengan beasiswa  parsial.

Banyak instansi yang membuka program beasiswa bagi pelajar-pelajar Indonesia, baik itu instansi dalam negri maupun instansi luar negri. Tentunya untuk mendapatkan beasiswa, ada berbagai macam persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi dan persyaratan serta kualifikasi dari instansi tentunya berbeda, sesuai dengan kebijakan dari setiap instansi.

Beasiswa merupakan pemberian berupa bantuan yang diberikan kepada perorangan yang bertujuan untuk digunakan demi keberlangsungan pendidikan yang sedang ditempuh. Berikut ini adalah beberapa beasiswa yang bisa dipersiapkan untuk Bulan Mei 2021 nanti:

1. Beasiswa Orange Tulip Scholarship Belanda 2021 (tenggat waktu 1 Mei 2021)

Setiap tahun, institut perguruan tinggi di negeri Belanda menawarkan program beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS) kepada seluruh Warga Negara Indonesia yang ingin melanjutkan studi jenjang sarjana (S1) dan juga magister (S2) di universitas yang ada di Belanda.

Dalam program beasiswa Orange Tulip Scholarship yang digelar pada 2021 ini, ada kurang lebih 20 universitas Belanda yang turut ikut serta di dalamnya.

Untuk Cakupan beasiswanya sendiri, berupa potongan biaya studi sebesar 30 persen sampai 100 persen atau tanggunan biaya hidup perbulannya

2. Beasiswa ILF 2021 (tenggat waktu 1 Mei 2021)

Bagi teman-teman yang beragama kristen atau katholik, Indonesian Leadership Foundation (ILF) menawarkan beasiswa bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang sarjana (S1).

Beasiswa dari ILF ditawarkan untuk pelajar lulusan SMA/SMK/sederajat yang ingin melanjutkan kuliah di jenjang S1. Beasiswa ini dibuka bagi seluruh jurusan yang  ada di setiap perguruan tinggi yang ada di Indonesia dan sudah terakreditasi.

Cakupan beasiswa berupa biaya kuliah persemester maksimal 8 semester.

3. Beasiswa Djarum Plus 2021 (tenggat waktu 23 Mei 2021)

Djarum Foundation menawarkan kembali beasiswa bagi mahasiswa S1/D4 yang sedang menempuh pendidikan di semester 4. Beasiswa ini diberikan kepada universitas yang telah menjadi mitra dari Djarum Foundation.

Persyaratan umum yang harus dipenuhi bagi mahasiswa antara lain sedang menempuh pendidikan S1/D4 semester 4. Memiliki IPK minimal 3.20 sampai akhir semester 3 dan akrif berorganisasi.

Cakupan beasiswa berupa dana senilai Rp 1.000.000,-/bulan selama 1 tahun dan pembekalan soft skill.

4. Beasiswa KAIST 2021 (tenggat waktu 28 Mei 2021)

Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST) menawarkan beasiswa bagi pelajar lulusan SMA/sederajat yang ingin melanjutkan studi S1 dibeberapa jurusan yang ada di KAIST di Korea Selatan.

Beberapa jurusan yang ditujukan untuk beasiswa adalah college of natural science, college of life science and bioengineering, college of engineering, college of business.

Cakupan beasiswa berupa tanggungan penuh biaya kuliah (8 semester), tunjangan hidup, asuransi kesehatan nasional (korea).

Topik
jenis beasiswamenawarkan beasiswacara dapatkan beasiswabeasiswa dalam negeriBeasiswa Luar Negeri

Berita Lainnya

Berita

Terbaru