Dongkrak Skill Pegawai, UIN Malang dan Pusdiklat Kemenag Gelar Pelatihan Teknis

Apr 07, 2021 07:46
Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga UIN Maliki Malang Dr Uril Bahruddin MA. (Foto: UIN Malang)
Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga UIN Maliki Malang Dr Uril Bahruddin MA. (Foto: UIN Malang)

MALANGTIMES - Upaya peningkatan skill dan profesionalitas  kerja terus dilakukan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang. Upaya tersebut salah satunya dilakukan dengan menggelar pelatihan teknis analisis jabatan (anjab) dan juga analisis beban kerja (ABK), Senin (6/4/2021).

Dalam pelatihan teknis tersebut, UIN Maliki Malang bekerja sama dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga UIN Maliki Malang Dr Uril Bahruddin MA menjelaskan, pelatihan teknis ini merupakan hal yang sangat penting. Sebab, hal tersebut akan mampu meningkatkan skill maupun profesionalitas pegawai dalam bekerja.

Skill yang dimiliki nanti akan berimplikasi pada sebuah hasil pekerjaan yang memuaskan dan sesuai dengan apa yang diinginkan. Sehingga hal tersebut akan membuat para pengguna jasa maupun ada stakeholder merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. "Kalau kita bekerja dengan terampil, dengan profesional, maka hasilnya akan baik ," ucapnya.

Lebih lanjut Uril menjelaskan, selain dengan skill yang dimiliki, tentu profesionalitas harus juga dimiliki para pegawai. Profesionalitas merupakan aspek penting untuk mencapai kesuksesan dan terciptanya hasil yang baik dalam pekerjaan.

Dengan profesionalitas, seorang pegawai dapat memosisikan dirinya agar mampu memahami tugas dan tanggung jawab, hubungan dan relasi, serta fokus dan konsisten terhadap urusan pekerjaannya. Profesionalisme ini nantinya juga mendukung terwujudnya integritas dalam diri seorang pegawai. "Makanya profesionalisme ini sangat penting," terangnya.

Profesionalitas sendiri sebenarnya tak hanya terwujud dengan melalui diklat semata. Profesionalitas bisa terwujud melalui rutinitas hal-hal positif yang dilakukan dalam bekerja.

Namun  adanya diklat yang menghadirkan  pemateri yang mumpuni dalam bidangnya tentunya akan lebih optimal dan mempercepat dalam menanamkan profesionalisme. "Untuk menjadi profesional itu memang bisa juga dengan pengalaman kita sehari-hari, Adanya diklat semacam itu akan bisa lebih meningkatkan pengetahuan, pemahaman baru dan mendalam dari hal teknis terhadap pekerjaan yang dijalankan," pungkas Uril.

 

Topik
UIN Maliki MalangDiklat pegawaiPusdiklat Kemenag
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru