Bagaimana Cara Menulis Skripsi yang Benar dan Berkualitas? Berikut Tipsnya

Apr 06, 2021 19:57
Ilustrasi
Ilustrasi

MALANGTIMES - Skripsi menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa khususnya bagi mahasiswa yang sudah semester akhir. Dibutuhkan sejumlah tips cara menulis skripsi agar dapat menyelesaikannya dengan mudah dan cepat.

penguasan tips bagaimana cara menulis skripsi ini diperlukan, karena Tidak jarang, banyak mahasiswa yang terkendala penyelesaian studinya karena skripsi. Mulai dari kesulitan menemukan topik yang akan diteliti, hingga masalah lainnya yang membuat penyelesaian skripsi menjadi terhambat. Dari sekian banyak hambatan dalam menulis skripsi mungkin ada yang luput dari perhatian saat memulai menulis skripsi.

Skripsi adalah karya tulis ilmiah hasil penelitian mahasiswa sarjana S1 (strata satu) yang membahas sebuah fenomena tertentu sesuai kaidah atau aturan yang berlaku. Istilah skripsi hanya digunakan di Indonesia, sedangkan di luar negeri, skripsi disebut dengan istilah undergraduate thesis.

Secara fungsi, skripsi berguna sebagai syarat kelulusan mahasiswa sarjana S1, sedangkan tugas akhir (TA) digunakan untuk syarat lulus mahasiswa jenjang diploma (D3/D4).

Skripsi pasti membutuhkan ide dan gagasan serta membutuhkan niatan dan keinginan namun , banyak orang mengatakan bahkan bagi pembaca mungkin banyak yang merasakan membuat skripsi itu susah, alhasil skripsi tidak di kerjakan dan menjadikan mahasiswa semakin lama dan tidak cepat lulus, banyak hal yang dapat mempermudah untuk mengerjakan skripsinya antara lain :  

Mengetahui jenis penelitian yang diambil

Penelitian Kuantitatif :  Penelitian kuantitatif adalah penelitian ilmiah yang sistematis terhadap bagian-bagian dan fenomena serta kausalitas hubungan-hubungannya. Tujuan penelitian kuantitatif adalah mengembangkan dan menggunakan model-model matematis, teori-teori dan/atau hipotesis yang berkaitan dengan fenomena alam

Kualitatif : Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dan makna lebih ditonjolkan dalam penelitian kualitatif. Landasan teori dimanfaatkan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta di lapangan. 

Penelitian dan pengembangan atau litbang adalah kegiatan penelitian, dan pengembangan, dan memiliki kepentingan komersial dalam kaitannya dengan riset ilmiah murni, dan pengembangan aplikatif di bidang teknologi. Litbang ini memegang peranan penting, dan menjadi indikator kemajuan dari suatu negara

Menentukan Judul

Dalam menentukan judul ada beberapa hal yang perlu anda siapkan yaitu:  

-Carilah reverensi melalui buku, jurnal, atau Google. Carilah judul yang sesuai dengan pemahaman kamu.

- Pilih dan ubah tempat penelitiannya.

Metode diubah yang sesuai pilihan kamu yang tentunya harus paham dan diubah agar tidak plagiasi karya orang lain atau plagiasi judul.

Jika  judul sudah disetujui oleh dosen maka saat itu juga harus mencari jurnal atau sumber lain yang sesuai  dan berkaitan. Setelah itu pelajari hal yang mendukung skripsi mu.

Cek daftar pustaka yang ada di jurnal atau beberapa sumber pengetahuan. Fungsinya adalah untuk memudahkan kalian dalam mencari sumber-sumber lain untuk membuat skripsi.

Tulis skripsi itu dengan buku pedoman dari Universitas kalian masing masing. Jika bingung, lihatlah skripsi yang ada di perpustakaan Universitas atau Fakultas yang sesuai dan dibutuhkan. Jangan sama dengan apa yang kalian baca tetapi kreatiflah untuk mengganti gaya bahasa dan maksud yang sama sehingga pemahaman kalian dapat didapatkan dari tulisan kalian sendiri. Lalu kalian bisa menambahkan isi dari buku buku tersebut.

Tips yang sangat harus dilakukan, harus rajin bimbingan secara rutin dan continue. Hubungi Dosen Pembimbing. Setiap ada revisi jangan terus putus asa. Jangan menunda revisi. Dan segeralah merevisinya agar pekerjaan tidak menumpuk, dan cepat selesai.

Yang tak kalah penting dan sangat membantu adalah berdoa sesuai keyakinan masing-masing agar semua yang dilakukan dapat terlaksana dengan lancar.

Setelah skripsi selesai, tiba saatnya untuk diuji. Ujian skripsi menjadi momen yang biasanya dianggap paling mendebarkan dalam dunia perkuliahan. Karena momen ini seolah menentukan hidup-mati dan nasib baik buruknya mereka yang akan ujian. Perlu diketahui bahwa setelah lulus kuliah, ujian skripsi hanyalah sebagian kecil saja dari ujian hidup yang lebih besar. Jadi, tidak perlu takut dan mengkhawatirkannya.

Topik
tips menulis skripsiSkripsi Bikin Depresicara menulis skripsiskripsi mudah

Berita Lainnya

Berita

Terbaru