Terpilih Jadi Duta Informasi Kabupaten Malang, Siswa Ini Menangis Bahagia

Apr 06, 2021 18:27
Bagus Ismanto (kanan) menerima penghargaan dari Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat pada ajang Grand Final Duta Informasi Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021) di Pendapa Kabupaten Malang (Foto: Fery/MalangTIMES)
Bagus Ismanto (kanan) menerima penghargaan dari Sekda Kabupaten Malang Wahyu Hidayat pada ajang Grand Final Duta Informasi Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021) di Pendapa Kabupaten Malang (Foto: Fery/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Bagus Ismanto, siswa SMKS Turen terpilih menjadi pemenang utama ajang Duta Informasi Kabupaten Malang yang diadakan di Pendapa Kabupaten Malang, Selasa (6/4/2021).

Bagus, sapaan akrabnya, sangat tidak menyangka jika namanya dipanggil sebagai pemenang Juara 1. Ketika namanya dipanggil, saat itu juga matanya berkaca-kaca karena saking bahagianya.

"Saya benar-benar bahagia dan tidak menyangka sama sekali jika saya bisa terpilih menjadi juara 1 Duta Informasi," ungkapnya usai menerima penghargaan dalam ajang yang digelar oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Malang ini.

Siswa kelas XI tersebut mengatakan jika dirinya tidak akan berada sampai di titik ini tanpa dukungan dari sekolah, guru, dan juga orang tuanya. "Yang pasti orang tua saya akan bangga dengan terpilihnya saya menjadi Duta Informasi, meksipun hari ini mereka tidak bisa hadir di sini," imbuhnya.

Guru pembimbing Bagus Ismanto, Haris Pratama mengungkapkan jika dirinya sangat bangga kepada muridnya. Haris menuturkan, terpilihnya Bagus sebagai Duta Informasi bukan semata-mata hanya karena dukungannya dan sekolah saja, tetapi juga karena dari kemampuan siswanya sendiri.

"Kita hanya mengasah dan membimbing, tidak mendikte agar siswa kami dapat mengeksplor kemampuannya sendiri," terang guru Bahasa Inggris SMKS Turen ini.

Haris juga menambahkan jika dirinya sering bertukar ide dan memberikan masukan kepada Bagus. Hal ini dilakukan agar siswanya dapat mengasah kemampuan dan menggali potensi apa yang bisa disampaikan sebagai informasi yang bermanfaat untuk masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Malang.

Kemenangan Bagus Ismanto sebagai Duta Informasi Kabupaten Malang sebagai bukti bahwa untuk menjadi garda terdepan dari Dinas Kominfo Kabupaten Malang, tidak hanya cukup mengandalkan performa dan kemampuan dalam menyampaikan informasi semata, namun juga dituntut untuk dapat menggali, mengolah, dan menyampaikan informasi tersebut dengan tepat kepada khalayak.

Hal tersebut dibuktikan dengan pernyataan salah satu dewan juri, Widya Yutanti. "Kami memilih para pemenang ini dari sisi sejauh mana kecerdasan dan pengetahuan mereka terkait informasi. Informasi apapun itu khususnya informasi tentang Kabupaten Malang," ungkap Dosen prodi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah ini.

Selain itu, Widya juga memberikan pesan kepada Finalis dan Pemenang Duta Informasi Kabupaten Malang untuk dapat mengedukasi lingkungan sekitarnya. "Mereka ini kan generasi Alpha yang lebih banyak aktif menggunakan internet dan sosial media, harapannya mereka bisa mengedukasi lingkungan, teman, dan juga keluarganya terkait informasi yang beredar," imbuhnya.

Topik
duta informasi Kabupaten MalangDinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten MalangDiskominfo Kabupaten Malangpemenang duta informasi kab malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru