Kawasan Rawan Narkoba, Bakesbangpol Kota Batu Bersama BNN Giat Tes Urine di Songgoriti

Apr 06, 2021 18:21
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

BATUTIMES- Mencegah penyalahgunaan narkoba, Bakesbangpol Kota Batu jalin kerja sama dengan BNN Kota Batu untuk melakukan giat tes urine di kawasan yang rawan yakni Songgoriti, Kota Batu.

Plt Kepala Bakesbangpol Kota Batu, Suliyanah mengatakan, pihaknya akan melakukan tes urine narkoba kepada masyarakat yang berada di kawasan rawan penyalahgunaan narkoba tersebut.

"Untuk tes urine narkoba kami sudah menyediakan sekitar 400 tes kit untuk 400 orang. Untuk sasaran utama yang kami tuju adalah Kelurahan Songgokerto. Karena di sana banyak vila-vila," ujarnya, Selasa (6/4/2021).

Kemudian, sasarannya bisa ditujukan kepada masyarakat setempat serta juga ditujukan kepada tamu-tamu yang menginap di vila. Terkait anggaran pengadaan 18 box tes kit bagi 400 orang biayanya tak begitu besar. Hanya menelan anggaran sebesar Rp 35 juta.

"Dilakukannya tes urine kepada masyarakat itu sesuai dengan turunan surat dari Mendagri. Dimana Bakesbangpol harus menyiapkan tes tersebut. Sehingga kami harus mengajukan anggaran atas dasar tersebut," ujarnya.

Selain itu, pihaknya telah mengimbau kepada desa-desa di Kota Batu, apabila ingin mengadakan penyuluhan mengenai bahaya penggunaan narkoba bisa mengundang pihaknya dan tak dipungut biaya.

"Melakukan sosialisasi itu, kami telah membentuk tim khusus dengan BNN. Beranggotakan Kasat Narkoba Polres Batu, Kasi Intel Kodim, Kejaksaan, Kasatpol PP dan sebagainya," jelasnya.

"Kami juga akan melakukan pemberdayaan kawasan rawan narkotika untuk orang-orang yang terindikasi menggunakan narkoba. Yakni memberikan pemberdayaan berupa pelatihan-pelatihan, seperti membatik," imbuhnya.

Topik
tes urinetes urine kota batuBNN Kota Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru