Uji Publik Calon Sekda Kota Malang Digelar 8 April

Apr 06, 2021 10:30
Balai Kota Malang. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)
Balai Kota Malang. (Foto: Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Proses seleksi jabatan sekretaris daerah (sekda) Kota Malang masih belum usai. Tahapan akhir, yakni uji publik, dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) Malang bakal digelar 2 hari lagi, tepatnya Kamis (8/4/2021) ini.

"Uji publik tanggal 8 insya Allah, di NCC (Ngalam Command Center). Pagi perkiraan, antara jam 8 atau jam 9," ujar Wali Kota Malang Sutiaji.

Ketiga besar peserta yang lolos tahapan seleksi sebelumnya bakal beradu opini, kecerdasan, dan kepekaan terkait isu-isu dan permasalahan di Kota Malang dalam uji publik ini. Mereka yakni Kepala Dinas Tenaga Kerja Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Disnaker PMPTSP) Kota Malang Erik Setyo Santoso, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Malang Handi Priyanto, serta Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kota Malang Subkhan.

Lebih jauh, Plt Kabag Humas Pemkot Malang M. Nur Widianto menjelaskan, terkait teknis uji publik calon sekda Kota Malang, nantinya bakal ada undangan tatap muka oleh para penguji. Para penguji meliputi unsur Forkopimda Kota Malang. Yakni, mulai ketua DPRD Kota Malang, kapolresta Malang Kota, fandim 0833 Kota Malang, kajari Malang, hingga anggota forkopimda lainnya.

Pun, akan dihadirkan 15 perwakilan dari organisasi profesi. Para penguji akan secara langsung menilai jawaban demi jawaban tiga calon sekda Kota Malang atas pertanyaan yang akan dilontarkan.

"Polanya nanti pasti ada panel. Namun yang belum kami pastikan nanti apakah pertanyaan disiapkan berupa balot atau dibacakan oleh pembawa acara," ucapnya.

Khusus uji publik ini, menurut Wiwid, bakal disiarkan secara langsung. Sehingga seluruh prosesi sesi penjaringan sekda Kota Malang bisa dilihat oleh masyarakat umum.

"Akan disiarkan langsung di berbagai channel live streaming milik Pemkot Malang. Teman-teman media nanti disediakan monitor di ruangan lain agar bisa lihat seluruh sesinya dari awal sampai akhir," ungkapnya.

Untuk diketahui, uji publik ini merupakan yang pertama dilakukan selama pemilihan sekda di Kota Malang. Bahkan, satu-satunya di Indonesia. Karena danya proses uji publik inilah, Pemkot Malang diapresiasi oleh KASN (Komisi Aparatur Sipil Negara).

Topik
Sekda kota malangUji publik calon sekda Kota MalangPemkot Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru