Kawasan Payung 1 Aman Dikunjungi, Penanganan Jangka Pendek Telah Ditangani

Apr 05, 2021 13:13
Suasana kawasan Payung 1 yang berada di Jalan Brigjen Moh Manan, Songgokerto, Kota Batu, Senin (5/4/2021) (foto: Mariano Gale/BatuTimes)
Suasana kawasan Payung 1 yang berada di Jalan Brigjen Moh Manan, Songgokerto, Kota Batu, Senin (5/4/2021) (foto: Mariano Gale/BatuTimes)

BATUTIMES - Kawasan Payung 1 yang berada di Jalan Brigjen Moh Manan, Songgokerto, Kota Batu kini aman dikunjungi wisatawan. Sebab penanganan jangka pendek telah ditangani.

Kepala BPBD Kota Batu Agung Sedayu mengatakan, saat ini kawasan Payung 1 sudah aman bagi para pedagang dan wisatawan. 

Terkait pergerakan tanah di Payung 1 sudah ditangani. Hingga saat ini juga tidak ada laporan atau kejadian tanah gerak.

"Maka aman bagi pedagang dan pengunjung. Tapi kalau terjadi hujan lebat harus tetap berhati-hati," ujarnya, Senin (5/4/2021).

Lanjutnya, ke depannya tinggal dilakukan penanganan jangka panjang oleh DPU Bina Marga Pemprov Jatim untuk penanganan jangka panjang, yakni direncanakan pemasangan paku bumi.

Kini juga terpasang 4 sumur oleh DPU Bina Marga Pemprov Jatim ditambah 3 sumur, sehingga total sumur pelega ada 7 unit.

"Hal itu, dikarenakan sangat efektif mengurangi kejenuhan tanah akibat air sumber yang ada di bawah jalan. Sehingga ketika sebelumnya tidak ada sumur pelega, air sumber membuat tanah di sekitar Payung 1 rawan gerak. Selain itu menurutnya sumur pelega mampu menjadi wadah resapan air," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Jagung Bakar, Ani Wahyu Wijayanti mengatakan, sebagian besar pedagang yang kembali sejak akhir Maret lalu. Namun,  dilakukan secara bertahap mengingat sebagian pedagang yang lain masih tutup dan melakukan perbaikan.

"Hingga saat ini, masih belum menemukan laporan bertambahnya retakan tanah di kawasan ini. Jadi bisa dikatakan kawasan Payung 1 sudah dirasa aman bagi pedagang dan juga pengunjung," ujarnya.

 

Topik
kawasan payung batupayung batu 1BPBD Kota Batukondisi kawasan payungberita kota batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru