Gara-Gara Pandemi Covid-19, Pengusaha Rental Mobil Banting Setir Produksi Masker

Apr 04, 2021 15:46
Suasana tempat produksi masker milik Edi Febri di Jalan Dewi Sartika, Kota Batu, Minggu (4/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Suasana tempat produksi masker milik Edi Febri di Jalan Dewi Sartika, Kota Batu, Minggu (4/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES- Banyak pengusaha banting setir dan menekuni usaha baru pada masa pandemi Covid-19 ini. Salah satunya Edi Febri asal Kota Batu. Pengusaha rental mobil sejak tahun 2014 ini, akhirnya banting setir dengan memproduksi masker untuk kebutuhan masyarakat selama pandemi Covid-19. Pilihan itu dilakukan Edi, warga Jalan Dewi Sartika, Kota Batu ini karena usaha rental mobil sepi selama pandemi Covid-19.

Berkat kerja kerasnya, usaha miliknya pun berkembang pesat. Banyak permintaan dari seluruh Kota di Indonesia. Bahkan ada juga permintaan dari negara tetangga, yakni Singapura dan Malaysia. "Sudah banyak yang membeli. Pemkot Batu juga pernah beli 3 ribu masker," ujarnya, Minggu (4/4/2021).

"Paling berkesan bahkan sampai ke Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa. Kadang kita diundang ke pameran di Grahadi, Surabaya. Kalau beliau ke Malang itu selalu kontak kita untuk masalah masker," imbuhnya.

Dengan memproduksi masker, Edi kini memiliki 8 karyawan. Tidak hanya itu, tempatnya juga menjadi jujukan praktek bagi 4 siswa salah satu SMK di Kota Batu.

Dalam sebulan, usaha masker miliknya bisa memproduksi sekitar 25 ribu masker. Dia menyebutkan penjualan melalui online sangat banyak. "Dalam sebulan, masker yang terjual 12.500 masker. Untuk harga masker, bervariasi mulai Rp 5.500 hingga Rp 35 ribu. Tapi yang paling ramai yang sekitar harga Rp 15 ribu. Omzet perbulannya kita bisa sampai sekitar Rp 150 juta. Itu omzet kotor belum biaya produksi dan yang lain. Profitnya mungkin sekitar 40 persennya," paparnya.

Topik
Berita Batuedi febribanting setirrental mobilmemproduksi masker

Berita Lainnya

Berita

Terbaru