Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Sambut Indonesia Emas, Rektor Unisma Prof Maskuri Dorong Pembentukan SDM Unggul LP Ma'arif

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

04 - Apr - 2021, 13:33

Prof Dr Maskuri MSi, Rektor Unisma (doc MalangTIMES)
Prof Dr Maskuri MSi, Rektor Unisma (doc MalangTIMES)

MALANGTIMES - Universitas Islam Malang (Unisma) berkomitmen dalam mencetak dan membangun sumberdaya manusia (SDM) yang berkualitas. Tak hanya pada tingkat pendidikan tinggi, namun juga pada tingkat pendidikan dasar, menengah dan tingkat atas, terutama yang ada dalam lingkungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif.

Komitmen itu diwujudkan salah satunya menggelar webinar (31/4/2021) dengan Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif yang jumlahnya lebih dari 22 ribu dengan mengusung tema "Design Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran di Era Merdeka Belajar".

Unisma telah memetakan sedemikian rupa wilayah yang nantinya akan dioptimalkan. Mulai dari wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, NTB, NTT Kalimantan, Sulawesi maupun Sumatera.

“Jadi itu region-region yang akan mendapatkan injeksi atau pencerahan dari tenaga-tenaga expert yang kami miliki sesuai permintaan dari daerah-daerah itu. Kita kerjasama dengan LP Ma'arif di wilayah-wilayah yang kemudian menyebarkan pada masing-masing kabupaten atau kota,” terang Rektor Unisma Prof Dr Maskuri MSi.

Di Indonesia dikatakan Maskuri terdapat 22.500 (LP Ma'arif). Dengan jumlah tersebut, LP Ma'arif tentunya memiliki ratusan hingga ribuan guru. Jikalau masing-masing LP memiliki 10 guru, artinya ribuan SDM dimiliki LP Ma'arif. "Sudah berapa ribu SDM Gurunya jika misalnya masing-masing 10. Makanya ke depan untuk menyambut Indonesia emas adalah sumber daya guru yang unggul paling utama," terangnya.

Karenanya, sebagai seorang guru, harus memiliki satu kemampuan lebih sehingga dia mampu melakukan satu hal efektif dalam proses pembelajaran. Guru yang bagus adalah guru yang Inspiring, membangun serta memiliki imajinasi yang kompleks.

Tapi bukan itu saja, guru yang bagus juga harus kreatif, inovatif, produktif, tidak nyaman kalau hanya berkutat pada situasi sebelumnya saja. Guru juga harus mempunyai konsep-konsep out of the box, keluar dari zona nyaman.  Inilah nanti yang diharapkan akan membawa suasana Indonesia menjadi nuansa maju dan berkembang karena di dalamnya ada orang-orang yang hebat.

"Makanya Unisma sekarang mencoba untuk memberikan berbagai macam tawaran model pengembangan SDM. Tapi ini yang kita sentuh di lingkungan LP Ma'arif," jelasnya.

Unisma kini terus berupaya untuk menyentuh sisi SDM, model dari pembelajaran, desain media pembelajarannya dan kemudian juga pembelajaran di era pandemi Covid-19. Tak ketinggalan dalam hal ini, manajemen dari pengelolaan mempunyai andil penting untuk mempersiapkan sumber daya manusia unggul, termasuk strategi menjadi guru penggerak. 

"Apapun ini menjadi bagian dari merdeka belajar, mereka menjadi lokomotif perubahan, menjadi Leader di daerahnya masing-masing. Ke depan LP Ma'arif akan menjadi barometer pendidikan di Indonesia, bahkan di dunia,"paparnya.

Lanjut Maskuri, dari hal tersebut dianalogikan, jika gunung tidak harus tinggi tapi di dalamnya ada dewa-dewa yang besar. Termasuk juga danau tidak harus selalu dalam, tetapi di dalamnya ada naga-naga yang hebat. “Sebesar apapun lembaga pendidikan, jika di dalamnya tidak ada sumber daya yang hebat maka akan sulit untuk berkembang,” pungkasnya.


Topik

Pendidikan


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Malang Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya