Wow! Ada Pantai Pasir Hitam Penuh "Berlian", seperti Apa?

Apr 04, 2021 08:05
Diamond Beach di Islandia. (Foto: iStock).
Diamond Beach di Islandia. (Foto: iStock).

INDONESIATIMES - Berlibur akhir pekan dengan menikmati suasana keindahan pantai menjadi salah satu pilihan yang tepat. Bagi sebagian orang, pantai merupakan destinasi terbaik untuk menenangkan pikiran.

Tapi, bagaimana jika pantai yang kalian datangi justru tampak glowing atau berkilau? Ya, kilauan itu hadir di salah satu pantai di negara Islandia. Namanya Diamond Beach (Pantai Berlian).

Pantai ini berada di Hornafjörður. Lokasinya tak jauh dari laguna gletser Jökulsárlón di pantai selatan Islandia.

Tapi, meski namanya Pantai Berlian, di sini sejatinya tidak ada berlian asli. Yang ada, adalah patahan gletser yang tersapu dari laut ke pinggir pantai.

Nah, di Pantai Berlian ini, gunung es yang tercipta sebagai laguna gletser Jökulsárlón patah dan hanyut ke pinggir pantai, menciptakan pemandangan kontras dengan pasir hitam vulkaniknya. Sehingga, muncul  kilauan layaknya kilauan berlian.

Pasir hitam yang berpadu dengan pecahan seperti kristal membuat pantai ini menjadi salah satu lokasi favorit bagi para fotografer dan pecinta alam.

Menariknya, Pantai Berlian ini tak hanya muncul di laguna gletser Jökulsárlón. Ada juga laguna gletser Breiðamerkurjökull. Kedua gletser itu merupakan dua dari 30 Vatnajökull, bukit es terbesar di Eropa dan ikon utama Taman Nasional Vatnajökull.

Sayangnya, tampilan kilauan itu kini tak begitu banyak dibandingkan dengan berpuluh-puluh tahun lalu. Dulu bongkahan gletser yang terdampar di Pantai Berlian sangat banyak, bahkan pengunjung bakal kesulitan melintas. Namun, kini, karena pemanasan global, berlian yang muncul jumlahnya kian sedikit.

Topik
Pantai berlianPantai unikIslandia

Berita Lainnya

Berita

Terbaru