Event Sambang Mbatu Diminati Wisatawan, Disparta Gandeng Pelaku Seni

Apr 03, 2021 13:51
Dinas Pariwisata gelar pertunjukan seni dengan tema "Sambang Mbatu" di Sendratari Arjuna Wiwaha, Sisir, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Dinas Pariwisata gelar pertunjukan seni dengan tema "Sambang Mbatu" di Sendratari Arjuna Wiwaha, Sisir, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021) (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES -  Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menggelar pertunjukan seni dengan tema "Sambang Mbatu" di Sendratari Arjuna Wiwaha, Sisir, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021). Selain meningkatkan tingkat kunjungan wisatawan, pertunjukan seni ini juga bertujuan memperkenalkan potensi baru wisata Kota Batu.

Di acara ini, Disparta  menggandeng para pelaku seni di Kota Batu. Mereka berkolaborasi untuk memperkenalkan budaya dan wisata Kota Batu.

Dalam pagelaran itu juga, para pengunjung diinstruksikan untuk mematuhi dan menaati protokol kesehatan. Yakni 3M (mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak).

Event-Sambang-Mbatu-Diminati-Wisatawan-Disparta-Gandeng-Pelaku-Seni-2e188b252f0f26052.jpg

Kadisparta Kota Batu Arief As Siddiq menjelaskan, gelar seni budaya ini bertujuan mewujudkan eksistensi seni budaya sebagai daya tarik wisata yang aman sehat, bersih, dan lestari. Juga untuk membangun dan melestarikan seni budaya Kota Batu bagi generasi masa depan yang berkarakter.

"Pagelaran Sambang Mbatu 2021 itu  mempertunjukkan kesenian Kota Batu seperti Banteng Kepang. Pertunjukan itu dikemas dengan striming kesenian yang notabene  jadi ajang contoh kepada para pelaku wisata," katanya.

Di masa pandemi ini, Arief juga menekankan untuk selalu menaati protokol kesehatan. Dengan menaati prokes yang ada, kegiatan untuk meningkatkan kunjungan wisata tidak menjadi kendala. "Supaya berbagai kegiatan perekonomian di sektor pariwisata dan pelaku seni di Kota Batu tetap eksis," ujar dia.

Dengan adanya pagelaran ini, Arief berharap, kesenian di Kota Batu tetap eksis dengan protokol kesehatan yang ketat sehingga perekonomian masyarakat bisa kembali normal. "Agar para pelaku seni bisa melaksanakan aktivitasnya kembali," ucapnya.

Selain itu, Disparta memberdayakan perekonomian pelaku wisata seperti para komunitas travel dengan memberikan paket kunjungan kepada wisatawan.

Event-Sambang-Mbatu-Diminati-Wisatawan-Disparta-Gandeng-Pelaku-Seni10958a772ab1a86a.jpg

"Saat ini, ada rombongan beberapa wisatawan melalui travel yang akan menonton pagelaran ini. Jadi, denganpaketan itu, wisatawan berkunjung ke berbagai tempat wisata di Kota Batu. Salah satunya di Sendratari Arjuna Wiwaha ini. Hari ini juga banyak para wisatawan yang ikut bergabung. Mulai dari Lamongan, Surabaya dan Jawa Tengah," beber Arief.

Topik
pariwisata kota batuKesenian Kota BatuDisparta Kota BatuSendratari

Berita Lainnya

Berita

Terbaru