Rancang Program Kerja, 28 Pengurus Daerah Muslimat Hidayatullah Jatim Hadiri Rakerwil

Apr 03, 2021 12:43
Sebanyak 28 Pengurus Daerah Muslimat Hidayatullah (Mushida) Jawa Timur mengikuti Rapat Kerja Wilayah di aula Pusdiklat Hidayatullah, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021). (foto: Mariano Gale/Jatim Times)
Sebanyak 28 Pengurus Daerah Muslimat Hidayatullah (Mushida) Jawa Timur mengikuti Rapat Kerja Wilayah di aula Pusdiklat Hidayatullah, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021). (foto: Mariano Gale/Jatim Times)

BATUTIMES - Sebanyak 28 Pengurus Daerah (PD) Muslimat Hidayatullah (Mushida) Jawa Timur mengikuti Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di aula Pusdiklat Hidayatullah, Kota Batu, Sabtu (3/4/2021).

Ketua panitia Istiqomah menjelaskan,  rapat kerja ini adalah kegiatan tahun untuk melakukan pergantian kepengurusan. Selain itu, rapat membahas program-program kerja yang akan dilaksanakan. 

"Jadi, ada 28 pengurus daerah Mushida di Jawa Timur yang hadir. Raker ini juga membahas program-program kerja yang nantinya akan dilaksanakan oleh para pengurus," ujar Istiqomah.

Sementara, Ketua Pengurus Wilayah (PW) Mushida Hidayatullah Jawa Timur Retno Setio Utami menambahkan, kegiatan ini berawal dari adanya kegiatan musyawarah nasional (munas) yang diselenggarakan di Jakarta Januari lalu. Setelah munas, Mushida mengadakan musyawarah wilayah (muswil). Selanjutnya mengadakan musyawarah daerah (musda).

Setelah melewati serangkaian itu, kemudian Mushida mengadakan rakernas untuk merancang program-program yang dilaksanakan secara nasional. "Jadi, ketika rakernas, kami mendapatkan program-program pokok dari pusat yang bisa kami kerjakan di wilayah," ujar Retno.

Diketahui, di Mushida sendiri ada beberapa departemen. Yakni departemen dakwah, departemen peng-kader-an, departemen pembinaan umat, departemen pendidikan, departemen organisasi, departemen keputrian, serta departemen ekonomi dan sosial.

Ketujuh departemen tersebut akan membuat program yang merupakan program turunan. "Teman-teman saat ini sedang fokus memikirkan rancangan program untuk daerahnya," kata Retno.

Selain program kerja, Mushida juga menggalakkan pendirian rumah Qur'an di setiap kelurahan. Dengan adanya media rumah Qur'an itu,sasaran dakwah semakin mudah. "Apalagi dakwah bersama Qur'an itu bisa lebih diterima oleh masyarakat. Kemudian juga ada program sedekah subuh," ungkapnya.

 

Topik
Muslimat HidayatullahRakerwil Mushida Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru