48 Siswa Putus Sekolah Ikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan di Malang

Apr 02, 2021 17:14
Suasana Ujian Pendidikan Kesetaraan di PKbm Ash Habul Hidayah, Ciliwung, Malang.
Suasana Ujian Pendidikan Kesetaraan di PKbm Ash Habul Hidayah, Ciliwung, Malang.

MALANGTIMES -Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ash Habul Hidayah Malang berhasil menyelenggarakan ujian pendidikan kesetaraan (UPK). Ujian ini dilakukan secara bertahap mulai tanggal 22 Maret sampai 6 April 2021. 

PKBM Ash Habul Hidayah merupakan PKBM berakreditasi A yang didirikan Yayasan Ash Habul Hidayah yang menaungi seluruh kegiatan pembelajaran dan keterampilan, mulai dari Kelompok Bermain atau playgroup, Taman Kanak-Kanak (TK), Pendidikan Kesetaraan Paket A, Paket B, dan Paket C, serta Pendidikan Kecakapan Hidup. 

PKBM yang berlokasi di Jl Ciliwung Airdas 30, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing ini menyelenggarakan UPK melalui mode daring atau online. Ujian yang telah dilaksanakan antara lain, Paket C setara 12 SMA tanggal 22 Maret - 25 Maret 2021 dan Paket B atau setara 9 SMP tanggal 29 Maret 2021 - 1 April 2021. 

Sementara untuk Ujian Paket A atau setara 6 SD akan dilangsungkan pada tanggal 5 - 6 April besok. 

Menurut Arif pengelola Yayasan Ash Habul Hidayah, inilah keunikan anak-anak putus sekolah di PKBM ini. Meskipun mereka sebagian sudah bekerja namun tetap ingin menuntaskan pendidikan dan akhirnya menempuh ujian.

“Pada dasarnya kita memang harus rajin belajar dan tidak boleh ditelan sendiri. Harus dibagikan ke teman-teman yang tidak mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan.” ujar Arif.

Arif juga menambahkan, bahwa dengan kondisi daring ini sedikit menguntungkan berlangsungnya ujian karena ada siswa yang berada di luar kota dan tidak sempat datang ke “sekolah” namun dapat mengikuti ujian Kejar Paket C. 

“Dia tidak sempat datang ke lembaga karena tidak punya ongkos untuk datang ke Malang. Akhirnya tetap mengikuti ujian dengan semangat di rumahnya di Cepu, Jateng,” papar Arif.

Topik
ujian pendidikan kesetaraanupk kota malangpusat kegiatan belajar masyarakatAnak Putus Sekolah
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru