Ikuti Duta Informasi Kabupaten Malang, Finalis Asal SMAN 1 Tumpang ini Ingin Perjuangkan Hak Anak

Apr 02, 2021 13:51
Sibthoini Fascha, finalis Duta Informasi Kabupaten Malang 2021 yang ingin memperjuangkan hak anak (Foto: Istimewa)
Sibthoini Fascha, finalis Duta Informasi Kabupaten Malang 2021 yang ingin memperjuangkan hak anak (Foto: Istimewa)

MALANGTIMES – Finalis ajang Duta InformasiKabupaten Malang 2021, Sibthoini Fascha nampaknya ingin memberikan kontribusi lebih kepada masyarakat dengan memperjuangkan hak anak. Laki-laki kelahiran Malang 15 September 2005 ini pun telah aktif tergabung dalam organisasi Laskar Anak.

Sibthoini, panggilan akrabnya, ingin memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa anak juga berhak untuk mendapatkan pendidikan setinggi-tingginya. Hal tersebut didasari dengan masih tingginya perkawinan anak di bawah umur. Ia ingin agar masyarakat khususnya orang tua, dapat memahami bahwa setiap anak memiliki hak untuk mengenyam pendidikan setinggi-tingginya.

Dia menyampaikan, organisasi Laskar Anak yang ia ikuti ini bisa menjadi wadah positif untuk terus menyalurkan hal baik. Di antaranya memberikan edukasi dan pemahaman kepada masyarakat luas, membangun karakter anak khususnya anak-anak di wilayah Kabupaten Malang, dan juga menginspirasi anak muda yang sekaligus sebagai roda penggerak masyarakat yang peduli terhadap kelangsungan generasi bangsa.

Dengan mengikuti ajang Duta Informasi Kabupaten Malang 2021 tersebut, Sibthoini berharap agar dia bisa turut serta menggerakkan dan mengedukasi para generasi Z. Sehingga, kalangan pemuda seuisanya bisa selalu kritis dalam menerima suatu informasi. 

Termotivasi untuk menjadi Duta Informasi, beberapa langkah yang akan dilakukan Sibthoini adalah dengan memanfaatkan platform sosial media sebagai media informasi dalam mengedukasi generasi muda seusianya.

“Nantinya saya ingin membuat beberapa konten menarik seperti dalam bentuk poster ataupun video yang akan ditayangkan di sosial media Duta Informasi,” terangnya. 

Tak hanya itu saja, ia juga ingin mengangkat potensi-potensi yang ada di Kabupaten Malang, agar masyarakat dan generasi muda bisa tahu jika Kabupaten Malang adalah Kabupaten dengan banyak sekali potensi dan keunikan.

Anak dari pasangan Karsim dan Siti Kalisah ini juga memiliki misi untuk menjadi garda terdepan Dinas Kominfo Kabupaten Malang dalam hal menyampaikan informasi yang positif untuk masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Malang.

Ia pun menyadari jika Generasi Z memang tidak terlalu suka membaca, teteapi lebih suka mendengar dan melihat. Untuk itu, ia ingin agar generasi Z juga dapat memanfaatkan platform sosial media dengan baik, dan tidak menyebarkan berita-berita hoaks atau berita palsu. 

“Generasi saya kan generasi Z atau generasi Alpha, di mana lebih banyak mendengar dan melihat, jadi saya ingin teman-teman Generasi Z bisa memanfaatkan sosial media dengan baik dan benar,” ungkapnya.

Selain aktif ikut organisasi yang memperjuangkan hak anak, Sibthoi juga aktif mengikuti berbagai perlombaan seperti salah satunya aktif mengikuti kegiatan Pramuka. Laki-laki berusia 15 tahun ini pernah mengikuti ajang perlombaan Pramuka Garuda di tahun 2020, yakni tingkatan tertinggi di ajang perlombaan pramuka. Ia pun pernah menjuarai lomba musikalisasi puisi dan meraih juara 2 sandi morse di kegiatan Galang Prestasi tingkat Kabupaten.

Laki-laki yang sedang duduk di kelas XI IPA 2 SMAN 1 Tumpang ini, juga memiliki hobi menggambar dan membaca puisi. Hal tersebut juga ia beberkan jika dirinya pernah menjuarai lomba musikalisasi puisi. 

Sibthoini juga optimis jika dirinya dapat menjadi perwakilan Duta Informasi Kabupaten Malang yang terpilih nantinya. Untuk itu ia juga berpesan agar generasi muda menjadi generasi yang optimis dan cinta dengan diri sendiri. 

“Saya ingin menjadi pemimpin yang bisa menginspirasi dan memberikan hal positif ke semua orang. Untuk itu pesan saya kepada generasi muda agar selalu melakukan hal yang positif, percaya diri, dan bangga dengan diri sendiri,” imbuhnya.

Topik
duta informasiKabupaten Malangduta informasi Kabupaten Malangsman 1 tumpangBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru