Sterilkan Gereja jelang Perayaan Paskah, Petugas Kerahkan 4 Anjing Pelacak

Apr 01, 2021 21:37
Petugas kerahkan empat ekor anjing pelacak (combat SAR) guna melakukan sterilisasi di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga Kota Malang, Kamis (1/4/2021). (istimewa)
Petugas kerahkan empat ekor anjing pelacak (combat SAR) guna melakukan sterilisasi di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga Kota Malang, Kamis (1/4/2021). (istimewa)

MALANGTIMES - Demi kemananan dan mencegah aksi teror dalam perayaan Paskah di setiap gereja, petugas mengerahkan empat ekor anjing pelacak (combat SAR) guna melakukan sterilisasi. Pelaksanaan strelisasi tersebut antara lain dilakukan di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga Kota Malang dan  gereja yang terletak di Tumpang, Kabupaten Malang.

Gagah Soeryo Pamoekti, general manager SAR Dog, mengatakan,  empat ekor anjing pelacak turun di Gereja Katolik Maria Diangkat ke Surga dengan menyisir ke semua penjuru sudut gereja. "Pelaksanaan pelacakan dilakukan selama 30 menit. Hasilnya pun nihil (dari barang berbahaya)," ujarnya.

Keempat anjing pelacak tersebut telah mahir dalam mengidentifikasi bahan peledak dan mayat. Sehingga, sangat sensitif dan telah dibawa ke beragam misi penyelamatan. Di antaranya misi penyelamatan dan evakuasi tanah longsor di Ponorogo beberapa bulan lalu.

"Penyisiran hari ini aman. Kami telah menyisir di seluruh bagian penjuru gereja," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pastoral Paroki Maria Diangkat ke Surga Theresia Pujiastutik sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh SAR Dog guna membantu  sterilisasi menjelang Jumat Agung dan perayaan Paskah.

Dengan adanya strelisasi ini, sebanyak 3 ribu umat yang hendak menjalankan misa akan merasa aman dan tenang. "Kami mewakili umat dan pastur berterima kasih atas kepeduliannya. Apalagi, dengan adanya tim SAR Dog ini, umat akan menjalankan ibadah dengan nyaman dan aman," ucapnya.
 

Topik
Sterilisasi gerejaPerayaan PaskahAnjing Pelacak

Berita Lainnya

Berita

Terbaru