Apresiasi Pembekalan, Duta Informasi Kabupaten Malang Siap Masuki Tahap Final

Apr 01, 2021 20:41
Duta Informasi Kabupaten Malang saat mendapat pembekalan dari MalangTIMES. (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)
Duta Informasi Kabupaten Malang saat mendapat pembekalan dari MalangTIMES. (foto: Hendra Saputra/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Malang Aniswaty Aziz mengatakan semifinalis Duta Informasi sangat mengapresiasi pembekalan yang diberikan selama empat hari terakhir.

“Sejauh ini anak-anak bagus, appriciate banget, mungkin karena lama nggak sekolah ya, atau ilmu baru yang didapatkan tentang informasi unit kerja membuat mereka juga semangat,” ujar Anis, sapaan akrabnya, Kamis (1/4/2021) sekaligus menyebut bahwa hari ini adalah pembekalan terakhir Duta Informasi.

Anis menyebut, semifinalis Duta Informasi tak menyangka bahwa apa yang dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang sangat banyak. Sehingga banyak ilmu yang didapatkan ketika pembekalan.

Pada hari terakhir pembekalan, Diskominfo Kabupaten Malang mengajak Duta Informasi berkunjung ke Radio Kanjuruhan FM dan Command Center. Mereka mempelajari penyampaian informasi melalui alat yang dimiliki Pemkab Malang.

“Ini hari terakhir pembekalan. Kami membawa mereka ke radio dan Command Center. Jadi, anak-anak diajari bagaimana menginformasikan berita atau apa pun itu dan pembelajaran menjadi narasumber ketika talkshow di radio,” kata Anis.

“Kalau di Command Center, mereka diajari web dan beberapa aplikasi yang dimiliki Dinas Kominfo. Jadi, langsung praktik yang hari ini,” imbuhnya.

Anis menjelaskan, nantinya para Duta Informasi akan mendapat tugas untuk menyampaikan informasi dari unit kerja yang ada di Pemkab Malang. Sehingga ia berharap, para semifinalis yang telah terpilih memahami betul tentang materi yang diberikan ketika pembekalan.

“Nantinya setiap peserta itu beda-beda. Kalau misal dapat tugas menyampaikan informasi terkait Dinas Lingkungan Hidup (DLH), ya menyampaikan tentang itu. Kalau dapat dinas lain, ya menyampaikan apa yang didapatkan,” ungkap dia.

Sebagai informasi, final pemilihan Duta Informasi nantinya akan dilaksanakan pada Selasa (6/4/2021) di Pendapa Panji, Kepanjen, Kabupaten Malang. Tetapi, semifinalis yang tidak mendapat gelar tetap akan dikaryakan oleh Diskominfo sebagai Duta Informasi.

“Untuk final, kami kan sudah menyiapkan rencana kerja mereka dan mungkin kami ada grup khusus Duta informasi dengan tugas-tugasnya. Kami memilih mereka bukan untuk menerima tamu. Mereka punya tugas khusus harian,” papar Anis.

 

Topik
duta informasi Kabupaten MalangDinas Kominfo Kabupaten MalangPemkab Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru