Hari Jadi Kota Malang, Revitalisasi Pasar dan Ekonomi Kreatif Ikut Jadi Perhatian

Apr 01, 2021 16:59
Wali Kota Malang, Sutiaji (ke 2 dari kanan)
Wali Kota Malang, Sutiaji (ke 2 dari kanan)

MALANGTIMES - Kota Malang Merayakan Hari Jadi pada senin (1/4/21). Dalam upacara yang diikuti oleh berbagai pihak termasuk mantan Wali Kota Malang pada periode sebelumnya, banyak yang diungkapkan oleh Wali Kota Malang, Sutiaji. HUT yang mengambil tema Peduli dan Berbagi tersebut relevan dengan program pemerintah Kota Malang sendiri pada masa pandemi.

“Rencananya Pemerintah Kota Malang akan merevitalisasi pasar seperti Kota Lama dan Madyopuro,” ujar Sutiaji selaku Wali Kota Malang.

Hal tersebut sebagai salah satu bentuk peningkatan mobilitas untuk masyarakat dalam bidang sarana dan prasarana yang terbagi menjadi beberapa tahapan yaitu perencanaan secara fisik, rehabilitasi ekonomi dan revitalisasi sosial dengan membenahi mindset masyarakat.

Pasar juga merupakan instrumen pembangunan ekonomi, sekian lama pasar tradisional menjadi sarana interaksi sosial antara masyarakat dan sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

Pemerintah Kota Malang juga akan menjadikan ekonomi kreatif sebagai senjata dalam peningkatan pendapatan masyarakat pada masa pandemi. “Dengan adanya UMKM sebagai senjata, pemerintah sangat berharap keikutsertaan masyarakat dalam berinovasi dan berpikir kreatif,” imbuh Sutiaji.

Seperti yang diketahui bahwa UMKM memiliki peran penting dan strategis dalam perkembangan ekonomi baik dalam lingkup kota maupun nasional. terutama bila didukung dengan akses jalan yang akan segera diperbaiki. Tren wirausaha dalam masa pandemi membuat para pelaku UMKM memiliki kontribusi yang bagus dalam meningkatkan peluang kerja dan perekonomian lebih merata dalam suatu wilayah.

Topik
Kota MalangWali Kota MalangHUT Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru