Hari Penyiaran Nasional, Kominfo Kabupaten Malang Berkomitmen untuk Siarkan Hal Baik

Apr 01, 2021 16:36
Kadis Kominfo Kabupaten Malang Aniswati Aziz (kanan) saat mengikuti webinar yang diadakan Kementerian Kominfo, Senin (1/4/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Malang)
Kadis Kominfo Kabupaten Malang Aniswati Aziz (kanan) saat mengikuti webinar yang diadakan Kementerian Kominfo, Senin (1/4/2021). (Foto: Diskominfo Kabupaten Malang)

MALANGTIMES - Hari Penyiaran Nasional yang diperingati hari ini, Kamis (1/4/2021) sekaligus sebagai peringatan berdirinya radio pertama yang diprakarsai oleh rakyat Indonesia.

Di tanggal yang sama, tepatnya 1 April 1933, radio pertama rakyat kala itu bernama Solosche Radio Vereeniging (SRV), diprakarsai oleh KGPAA Mangkunegoro VII di Solo, Jawa Tengah, sebagai media penyiaran untuk menyuarakan unsur kesatuan dan perjuangan bangsa.

Walaupun masih dalam situasi pandemi covid-19, tak menyurutkan semangat Kominfo Kabupaten Malang dalam ikut menyemarakkan Hari Penyiaran Nasional. Salah satunya, Dinas Kominfo juga turut serta dalam webinar yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo.

Kepala Dinas (Kadis) Kominfo Kabupaten Malang, Aniswaty Aziz menjelaskan bahwa webinar yang diadakan oleh Kementerian Kominfo tersebut dapat diikuti oleh semua kalangan, tidak hanya dari lembaga Kominfo saja.

Anis juga menegaskan bahwa pada webinar tersebut, juga dilakukan evaluasi terhadap produk-produk penyiaran. Produk-produk penyiaran seperti siaran radio, film, dan televisi juga tidak luput dari perhatian dan evaluasi Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) seperti yang dipaparkan pada webinar tersebut.

"Mereka (KPI, red) akan melakukan tindakan jika ada yang melanggar aturan atau menimbulkan hal negatif, maka dari itu KPI berhak untuk melakukan sensor atau melarang izin penyiarannya," pungkas Anis.

Dinas Kominfo Kabupaten Malang, menjalin kolaborasi dengan Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) dalam menyiarkan program dan acara yang memberikan hal positif kepada masyarakat. 

"Dalam hal ini Kominfo Kabupaten Malang juga ikut bagian dalam pemantauan dan ikut segala kegiatan yang mereka (LPPL, red) gelar," jelasnya.

Anis juga berpesan kepada masyarakat dan Lembaga Penyiaran di Kabupaten Malang khususnya, untuk terus berkomitmen menyiarkan hal baik dan positif. "Kalau di Kabupaten Malang kan LPPL kami itu Radio Kanjuruhan Fm, jadi kami juga berkomitmen untuk terus menyiarkan hal yang baik kepada masyarakat," imbuh Anis saat dihubungi MalangTIMES melalui sambungan telepon, Kamis (1/4/2021).

Topik
hari penyiaran nasionalDiskominfo Kabupaten Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru