Vaksinasi Drive Thru Lansia yang Pertama, Warnai HUT ke-107 Kota Malang

Apr 01, 2021 11:58
Momen petugas kesehatan saat melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 drive thru kepada lansia di halaman Mini Block Office, Kamis (1/4/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Momen petugas kesehatan saat melakukan penyuntikan vaksin Covid-19 drive thru kepada lansia di halaman Mini Block Office, Kamis (1/4/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Moment HUT ke-107 Kota Malang diwarnai dengan berbagai kegiatan. Salah satunya, yakni pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi lansia.

Khusus di hari jadi Kota Malang hari ini (Kamis, 1/4/2021), vaksinasi bagi lansia dengan sistem drive thru dilakukan. Para lansia yang mengikuti ini, sebelumnya menjalani pendaftaran melalui website vaksinlansia.malangkota.go.id.

Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan, pelaksanaan vaksinasi drive thru ini sebagai satu cara untuk mempermudah pelaksanaan vaksin kepada masyarakat. Kali ini, diberlakukan bagi lansia.

Dalam pelaksanaannya, para lansia cukup diantarkan dengan menggunakan kendaraan roda 4 atau roda 2. Kemudian tidak perlu turun, nantinya petugas yang akan menghampiri di masing-masing pos. Mulai dari, pos registrasi, skrining kesehatan, penyuntikan, hingga ke meja observasi.

"Drive thru itu bukan hanya kemudahan saja tapi menunjukkan bahwa vaksin itu tidak berbahaya dan tak perlu ditakuti. Jadi, selain menujukkan kemudahan kita viralkan bahwa vaksin tidak membahayakan," ujarnya.

Lebih jauh, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr Husnul Muarif menyampaikan, untuk vaksinasi drive thru lansia ini sementara hanya digelar di hari ulang tahun Kota Malang di kawasan Mini Block Office. Dengan pencanangan ini, diiringi pula proses vaksinasi lansia di 80 Fasilitas Kesehatan (Faskes) di Kota Malang, baik puskesmas, rumah sakit ataupun klinik.

"Untuk vaksinasi lansia yang hari ini terbagi dalam sistem drive thru sebanyak 80 kuota. Kemudian, sekitar 220-an berada di RS Lavalette, hari ini juga mulai jam 7 pagi," paparnya.

Dengan menyelenggarakan vaksinasi sistem drive thru ini, nantinya akan dilakukan evaluasi pelaksanaan. Jika tidak ada hambatan, bukan tidak mungkin vaksinasi drive thru akan kembali dilakukan di beberapa tempat lainnya ke depannya.

Selanjutnya, terkait masa dari pelaksanaan vaksinasi bagi lansia nantinya harus menjalani vaksin Covid-19 yang ke 2 setelah 28 hari pasca disuntik vaksin. "Untuk yang ikut drive thru, vaksin kedua kalinya nanti Dinas Kesehatan. Batasnya, 28 hari setelah disuntik ya, karena lansia," terangnya.

Sementara itu, salah satu peserta vaksin asal Jl Juwet Kecamatan Klojen, Toni Johan mengaku tidak merasakan apa-apa pasca disuntik vaksin. Dirinya yang telah berusia 74 tahun ini melakukan vaksin bersama sang istri Endang Sujiatmini yang juga sudah lansia yakni berusia 69 tahun.

Ia mengaku, memang telah menunggu pendataan vaksin dari wilayahnya, tapi karena tak kunjung ada kejelasan maka ikut serta dalam vaksin drive thru kali ini.

"Ngak ada kerasa apa-apa, lancar. Memang sudah menunggu tapi kok nggak di data-data, akhirnya didaftarkan anak saya. Ya ikut vaksin supaya lebih sehat biar ndak tertular penyakit apa-apa," ungkapnya.

Sebagai informasi, bagi para lansia yang ingin melakukan vaksinasi di faskes di Kota Malang tidak ada syarat khusus. Hanya, ber KTP Kota Malang dan langsung bisa menuju ke masing-masinf faskes terdekat.

Topik
Vaksinasivaksinasi drive thruKota MalangWali Kota Malang SutiajiBerita Jatim

Berita Lainnya

Berita

Terbaru