Pendaftaran Ditutup, 7 Guru Besar Telah Mendaftar Bacarek

Mar 31, 2021 16:59
Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Malang periode 2021-2025 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)
Panitia Penjaringan Bakal Calon Rektor UIN Malang periode 2021-2025 (Anggara Sudiongko/MalangTIMES)

MALANGTIMES - Pendaftaran dan penyerahan berkas bakal Bakal Calon Rektor (Bacarek) Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang periode 2021-2025 memasuki hari terakhir pendaftaran, Rabu (31/3/2021).

Hingga saat ini, terdata telah 6 orang Guru Besar mendaftar dan menyerahkan berkas dalam penjaringan Bacarek.

Ketua Panitia Penjaringan Bacarek periode 2021-2025, Dr H Badruddin MHI menjelaskan, jika memang sampai saat ini, terdapat 6 orang pendaftar. 

Enam orang tersebut yakni, Prof Abdul Haris, Prof Suhartono, Prof Roibin, Prof Muhammad Nur Yasin, Prof Zainuddin dan Prof Umi Sumbulah dan terakhir Prof Bayuinatul Muchtaromah.

"Hingga detik-detik penutupan, telah 7 orang mendaftar. 5 orang laki-laki dan 2 orang perempuan," terang Badruddin saat ditemui di ruang pendaftaran, Rabu (31/3/2021).

Lebih lanjut dijelaskannya, jika kesemua pendaftar merupakan orang yang berasal dari internal UIN Maliki Malang. 

Meski dari jadwal penutupan pendaftaran yang dijadwalkan pukul 15.30 WIB dan kemudian diundur hingga 15.40 WIB, jumlah pendaftar tak bertambah dan tetap sebanyak 7 orang.

"Calon dari eksternal UIN Malang tidak ada. Mereka hanya sebatas bertanya, namun belum menyerahkan berkas," jelasnya.

Setelah tahapan ini, tim Panitia Penjaringan Bacarek akan melakukan validasi data pada berkas masing-masing Bacarek. Sehingga, data yang diserahkan memang benar-benar valid sesuai dengan mekanisme yang dipersyaratkan.

"Jadi mulai tanggal 1 sampai 8 akan divalidasi berkasnya. Kita cek ulang, sehingga data yang dikumpulkan betul-betul valid. Kalau misalkan ada kekurangan kita konfirmasi yang bersangkutan untuk memperbaiki atau melengkapi datanya," bebernya.

Setelah itu, berkas akan diserahkan kepada Rektor dan kemudian akan diserahkan kepada Senat untuk mendapatkan penilaian kualitatif. 

Senat memiliki waktu 14 hari untuk melakukan penilaian.

Setelah selesai, penilaian dari senat kemudian akan dikirim ke panitia seleksi di Kementerian Agama (Kemenag) untuk kemudian dikerucutkan menjadi 3 orang calon Rektor dan kemudian diteruskan kepada Menteri Agama untuk menetapkan kandidat terbaik yang akan di SK kan sebagai Rektor UIN Maliki Malang periode 2021-2023.
 

 

Topik
bacarek uin maliki malangpanitia bacarek uin maliki malangtahapan bacarek uin maliki malangBerita Pendidikan Malang
Townhouse-The-Kalindra-foto-The-Kalindra-P80c5928dba440a88.jpg

Berita Lainnya

Berita

Terbaru