Pernah Gagal, Semifinalis Duta Informasi ini Tak Putus Asa

Mar 31, 2021 16:00
10 besar semifinalis Duta Informasi yang digelar Diskominfo Kabupaten Malang (foto: istimewa)
10 besar semifinalis Duta Informasi yang digelar Diskominfo Kabupaten Malang (foto: istimewa)

MALANGTIMES - Pernah gagal pada ajang Duta Generasi Bencana (GenRe) di tahun 2020 tak membuat Salsa Bila Ayunda Sudarsono Putri atau yang akrab disapa Salsa putus asa. Kini gadis berusia 17 tahun ini sedang berjuang di 10 besar semifinalis Duta Informasi 2021 yang digelar Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Malang.

Siswi kelas XI di SMA Negeri 1 Kepanjen jurusan ilmu pengetahuan alam (IPA) ini mengakui bahwa gagal dalam mengikuti sebuah ajang bukan akhir segalanya. Ia justru termotivasi dengan kegagalan tersebut sehingga ia terus berusaha untuk mencapai keberhasilan.

“Saya mengikuti Duta Informasi tahun 2021 ini  karena waktu tahun 2020 saya pernah gagal menjadi duta di bidang lainnya pada saat seleksi terakhir. Hal ini yang menjadi salah satu alasan saya mengikuti ajang ini,” ungkap Salsa kepada media ini.

Selain itu, Salsa juga ingin membuktikan kepada kedua orang tuanya yang selama ini mendukungnya dalam segala kegiatan positif yang diikuti. Tak ayal, semangat tersebut lah yang dibawa ketika mengikuti ajang Duta Informasi.

“Saya juga ingin kedua orang tua saya bangga memiliki saya. Meskipun saya pernah gagal, saya tidak putus asa karena dukungan dari keluarga dan orang-orang sekitar saya,” terang penghobi memasak dan mendengarkan musik ini.

Ketika menjadi salah satu finalis 10 besar Duta Informasi tahun 2021, Salsa mengaku merasa sangat bersyukur atas kesempatan yang diberikan. Karena baginya mendapatkan suatu pelajaran dan pengalaman sangat berarti baginya.

“Sekarang saya mendapatkan ilmu dan informasi yang sebelumnya tidak saya dapatkan, karena ini saya ingin sekali menyebarluaskan ilmu dan informasi yang saya peroleh,” kata Salsa.

Oleh karena itu, Salsa memberikan pesan kepada pemuda Kabupaten Malang agar tidak selalu putus asa ketika mendapat sebuah kegagalan. Pasalnya lanjut Salsa, jika gagal kemudian menyerah tentunya akan membuat satu kesulitan sendiri.

“Saya harap kepada orang yang sedang putus asa untuk segera bangkit dari keputusasaannya. Karena jika kita sungguh-sungguh dalam usaha dan diimbangi dengan doa maka hasil yang kita dapatkan tidak akan menghianati kita. Karena mungkin saja dari keputusasaan itu adalah salah satu cara Tuhan untuk menguatkan jati diri kita,” pesan Salsa.

Sementara itu, Salsa pun juga telah memiliki gambaran jika terpilih sebagai pemenang Duta Informasi 2021. Gadis yang memiliki cita-cita menjadi dokter ini akan memaksimalkan platform digital sebagai penyambung informasi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang kepada masyarakat.

“Saya waktu ikut seleksi ini sudah mempunyai program, yaitu akan membuat podcast tentang informasi-informasi di Kabupaten Malang atau di Indonesia kemudian saya upload ke Instagram maupun sosial media lainnya, jadi saya podcast ini merupakan teknologi digital visual dan audio,” papar Salsa.

Topik
duta informasi Kabupaten MalangDiskominfo Kabupaten Malangduta informasi

Berita Lainnya

Berita

Terbaru