Sambut HUT 107 Kota Malang, Gedung Paripurna Disulap Bernuansa Khas Malangan

Mar 31, 2021 12:10
Suasana rapat paripurna peringatan HUT Ke-107 Kota Malang di ruang sidang gedung DPRD Kota Malang, Rabu (31/3/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).
Suasana rapat paripurna peringatan HUT Ke-107 Kota Malang di ruang sidang gedung DPRD Kota Malang, Rabu (31/3/2021). (Arifina Cahyanti Firdausi/MalangTIMES).

MALANGTIMES - Momen peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) Ke-107 Kota Malang yang sejatinya diperingati esok hari (Kamis, 1/4/2021) sudah menggelora.

Hari ini (Rabu, 31/3/2021) misalnya, agenda rapat paripurana di gedung DPRD Kota Malang secara khusus dihelat untuk menyambut HUT Ke-107 Kota Malang.

Pernak-pernik busana khas Malangan mewarnai agenda kali ini. Baik anggota dewan hingga eksekutif saling mengenakan pakaian tradisional khas Malang.

Acara diawali dengan penyambutan kedatangan pimpinan rapat, ketua dan wakil ketua DPRD Kota Malang serta jajaran pimpinan eksekutif dengan tari Topeng Malangan. Kemudian dilanjutkan sambutan khusus peringatan HUT Ke-107 Kota Malang.

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika mengatakan, peringatan HUT Kota Malang kali ini dihelat secara daring dan luring. Mengingat masih dalam kondisi pandemi covid-19, agenda yang dihadiri di ruang rapat paripurna dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Dalam peringatan ini, sidang paripurna juga mengangkat tema tentang sejarah Kota Malang. Hal itu ditandai pula dengan dihadirkannya khusus tarian khas Topeng Malang hingga pembacaan sejarah Kota Malang.

"Agendanya rapat paripurna kali ini dalam momen peringatan HUT Kota Malang ke 107. Ada pidato dan pembacaan sejarah Kota Malang. Kemudian ada tarian  khas Malangan," ujarnya.

Made menambahkan, dalam peringatan HUT kali ini, banyak harapan dan doa yang dipanjatkan untuk roda pemerintahan Kota Malang. Sinergitas antar elemen diharapkan terus dijalankan guna membuat pembangunan di Kota Malang semakin optimal dan lebih baik.

"Terima kasih kepada wali kota Malang, staf, aparat keamanan, tokoh agama, serta seluruh elemen yang turut membantu Kota Malang agar lebih maju. Kekompakan dan sinergitas bersama akan menjadikan daerah lebih kondusif untuk menuju Kota Malang lebih bermartabat," imbuhnya.

Tema peduli dan berbagi yang diusung dalam peringatan HUT Ke-107 Kota Malang kali ini diapresiasi. Diharapkan, penerapan yang nyata agar tujuan tema tersebut benar benar tercapai.

Terlebih, terkait penanganan covid-19 yang menjadi prioritas daerah untuk saat ini. "Karena pandemi tidak hanya menyerang kesehatan tapi juga perekonomian. Semoga kita semua, kekompakan kita untuk Kota Malang mampu mengatasi pandemi yang sampai sekarang masih kita rasakan," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang Sutiaji menyampaikan di momen HUT Ke-107 Kota Malang ini menjadi evaluasi bersama, saling menjaga kerja sama untuk meningkatkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kota Malang.

"Dengan kerja sama yang baik ini, antara kami dengan TNI, Polri, instansi, staf, tokoh masyarakat, tokoh agama dan elemen lainnya terus menerus dapat dipelihara dan ditingkatkan dalam berkontribusi memberikan kreatifitas dan inovasi pelayanan riil kepada masyarakat," ungkapnya.

Lebih jauh, pengambilan tema HUT Ke-107 Kota Malang peduli dan berbagi menjadi momen pengingat akan adanya pandemi Covid-19 yang urung usai. Mengajak masyarakat untuk terus mau peduli dan berbagi antar sesama.

"Tema saat ini peduli berbagi, pas diingatkan oleh covid-19. Kita satu kesatuan dalam menghadapi Covid-19. Mengandung makna dan harapan agar masyarakat Kota Malang memiliki rasa kepedulian, dan rasa berbagi," tandasnya.

Untuk diketahui, kegiatan rapat paripurna ini juga masih akan berlangsung dengan agenda lainnya. Yakni, penyampaian laporan keterangan pertanggungjawaban wali kota Malang tahun anggaran 2020.

Topik
HUT Kota MalangDPRD Kota Malang

Berita Lainnya

Berita

Terbaru