Wanita Lansia Ini 3 Kali Sehari Jalan Kaki Berkilo-kilo Keluar Masuk Hutan dengan Bawa Beban Berat

Mar 30, 2021 19:26
Mbah Surip sedang menggendong kayu bakar untuk diantar ke rumah pembeli. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Mbah Surip sedang menggendong kayu bakar untuk diantar ke rumah pembeli. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

TULUNGAGUNGTIMES - Luar biasa dan hebat. Ungkapan ini layak diberikan kepada janda lanjut usia (lansia) bernama Surip asal Desa Pagerwojo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung. 

Bagaimana tidak. Dalam usia yang sudah tidak muda lagi, setiap hari Surip mampu menempuh jalan berkilo-kilo meter menyusuri hutan dengan membawa kayu bakar yang digendongnya.

Surip mengaku, mencari kayu di hutan merupakan pekerjaannya sehari-hari. Kayu yang sudah terkumpul ia jual kepada tetangga yang membutuhkan.

"Pados kajeng, ajeng e kulo sade (cari kayu, mau saya jual)," kata Surip saat menggendong seikat kayu bakar, Selasa (30/03/2021).

Menurut Surip, kayu yang didapatkannya dari hutan diantarkan sampai ke rumah pembeli dan dihargai Rp  20 ribu per ikat. Dalam sehari, Surip mengaku bisa 2-3 kali masuk hutan untuk mencari kayu bakar.

Janda lansia itu mengungkapkan, jarak tempuh yang dilaluinya setiap hari lebih dari 5 kilometer dengan medan pegunungan yang lumayan sulit. Dan itu dilakukannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari

"Halah, penggaweane namung pados kayu (Halah, perkerjaannya hanya mencari kayu)," ucapnya.

Terpisah, Kepala Desa Pagerwojo Adi Setyono mengatakan, pekerjaan Surip memang mencari kayu bakar. Itu pun dilakukan setiap hari untuk biaya hidup.

Menurut kades, Surip hidup sendiri dan statusnya janda. Meskipun punya anak, anaknya sudah berkeluarga dan membuat rumah sendiri.

"Anaknya sudah berkeluarga. Rumahnya dekat dengan Mbah Surip," kata Adi Setyono. Selasa (30/03/2021).

Pekerjaan mencari kayu bakar dilakukan oleh Surip sejak masih muda, Surip sendiri termasuk keluarga prasejahtera yang dulunya pernah mendapat program PKH. Tapi PKH sudah diputus atau diberhentikan oleh pemerintah pusat. "Kalau umurnya sudah lansia, tapi masih belum 90 tahun," pungkasnya.

Topik
Kisah janda lansiaberita tulungagung

Berita Lainnya

Berita

Terbaru