Jelang Batas Usia Pensiun Tahun 2022, 106 ASN Kota Batu Ikuti Pembekalan Wirausaha

Mar 30, 2021 18:48
Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu mengadakan pembekalan entrepreneurship wirausaha bagi 106 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Batu. Pembekalan tersebut berlangsung di Klub Bunga, Kota Batu, Selasa (30/3/2021)
Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu mengadakan pembekalan entrepreneurship wirausaha bagi 106 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Batu. Pembekalan tersebut berlangsung di Klub Bunga, Kota Batu, Selasa (30/3/2021)

BATUTIMES-Memasuki masa Batas Usia Pensiun (BUP) pada tahun 2022 mendatang, Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batu mengadakan pembekalan entrepreneurship wirausaha bagi 106 Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Batu.

Pembekalan tersebut berlangsung di Klub Bunga, Kota Batu, Selasa (30/3/2021). Kepala BKPSDM, Siswanto menjelaskan, dalam pembekalan tersebut, 106 ASN yang memasuki masa pensiun, akan dibekali cara berwirusaha dengan baik dan berkelanjutan.

Dalam pembekalannya, ada beberapa narasumber yang didatangkan. Mulai dari, narasumber terkait psikologi, narasumber dokter penyakit dalam, dan narasumber terkait berwirausaha. Dari total 106 ASN tersebut, di antaranya dari guru, eselon I, II, III dan IV.

"Yang paling banyak dari guru, sekitar 50 persen. Sisanya dari eselon I, II, III dan IV. Rata-rata setiap tahunnya, ASN Kota Batu yang memasuki masa pensiun itu kisaran 100 an. Kalau tahun lalu, ada 95 ASN," jelasnya.

Tidak hanya sampai di situ saja, pihaknya juga melakukan pendampingan berwirausaha, mulai dari membuat usahanya, marketnya, hingga pemasarannya. "Bahkan kita datangkan pihak ketiga terkait pembelian bahan bakunya, pengolahan dan hasilnya pun sampai mendatangkan pembeli," ujarnya.

Di lain sisi, secara otomatis ASN Kota Batu berkurang setiap tahunnya dan perlu adanya penambahan ASN. Terkait itu, pihaknya melakukan analisa jabatan melalui perekrutan CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kebetulan dari pemerintah pusat juga akan melakukan perekrutan CPNS dan PPPK pada bulan April nanti. Untuk kuota CPNS atau non guru menunggu keputusan pusat. Karena harus melalui kajian terlebih dahulu dan tidak semua kebutuhan disetujui. Sedangkan PPPK khusus guru ada kuota 183 orang," ujarnya.

Terkait pembekalan para ASN yang memasuki masa pensiunnya, Wali Kota Dewanti Rumpoko menambahkan, hasil dari evaluasi di pembekalan sebelumnya cukup bagus. Banyak ASN yang telah pensiun memiliki aktivitas baru dan penambahan income tersendiri bagi mereka.

"Yang pasti, kami akan melakukan pendampingan. Karena mereka setahun lagi akan pensiun. Jadi kita melakukan pendampingan terkait cara berwirusaha," ujarnya.


 

 

Topik
pembekalan wirausahapembekalan pensiun ASNPemkot Batu

Berita Lainnya

Berita

Terbaru