Bangun Infrastruktur Kota Batu, DPUPR Anggarkan Dana Rp 30 Miliar

Mar 30, 2021 14:11
Foto ilustrasi
Foto ilustrasi

BATUTIMES- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Batu anggarkan dana Rp 30 Miliar untuk pembangunan infrastruktur di Kota Batu. Bangunan infrastruktur itu, mulai dari jalan tembusan, pengadaan Penerangan Jalan Umum (PJU), dan drainase.

Kepala DPUPR Kota Batu, Alfi Nurhidayat mengatakan, anggaran tersebut bersumber dari anggaran APBD Kota Batu tahun 2021. Dalam pengerjaanya nanti, akan melalui mekanisme lelang dan harganya bervariasi. Kisaran Rp 4 hingga Rp 5 miliar.

Untuk lokasinya, di Jalan tembus Kelurahan Sisir ke Desa Pandan. Kemudian Pandan ke Temas, Pandan Toyomerto, dan Pesanggrahan Ngaglik. Dan Jalan tembus Gunungsari ke Berau, Gunungsari Jantu.

Terkait PJU, ada 20 lokasi yang akan dipasang PJU dan PJL.  PJU ada 43 titik di tiga daerah yaitu Desa Pesanggrahan, Kelurahan Sisir, dan Kelurahan Songgokerto. Kemudian ada 214 PJL di 17 lokasi yang tersebar di tiga kecamatan. PJU dan PJL sangat penting mengingat Kota Batu merupakan kota pariwisata.

"Proses lelang itu, sekitar 20 sampai 40 hari. Jika proses lelang selesai, sekitar bulan Juni mulai dikerjakan," ujarnya, Selasa (30/3/2021).

Tentu pembangunan infrastruktur ini, dengan tujuan untuk keamanan, kenyamanan pengguna jalan, dan mencegah kemacetan. Selain itu, juga untuk pemerataan pembangunan serta untuk penghubung antar wilayah produksi di Kota Batu. "Semoga pembangunan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Kota Batu dan juga wisatawan yang berkunjung ke Kota Batu," ujarnya.

Topik
Berita BatuDPUPR Kota BatuAlfi Nurhidayat

Berita Lainnya

Berita

Terbaru